Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Lindungi Anak dari Kecanduan Gadget

Sudah jadi pemandangan umum saat melihat anak fasih memainkan gadget, baik belajar menggambar, bermain game online, hingga menonton video. Saking asyiknya, kebanyakan anak marah saat gadgetnya diambil atau diberi batas waktu. Wah, itu tandanya kecanduan gadget Mom! Sebelum menjadi semakin parah, yuk lakukan beberapa pencegahan berikut ini.

Featured Story

Berapa Lama Sih Waktu Bermain yang Tepat untuk Anak? Ini Jawabannya

  1. Memberikan Batasan

     

    Hanya dengan menggunakan ujung jari, anak-anak dengan mudah mengetahui aneka informasi dari seluruh dunia. Walau baik untuk menambah pengetahuannya, tidak jarang ada konten negatif yang ikut dicerna. Di sinilah orangtua berperan dalam menjaring informasi dengan membatasi akses dan waktu pemakaian gadget.

  2. Menciptakan Waktu Keluarga

     

    Kecanduan gadget sering dialami anak-anak yang orangtuanya sibuk dengan berbagai urusan. Biasanya gadget dimanfaatkan untuk mengisi waktu agar mereka dapat tenang dan memiliki kegiatan. 

    Yuk Mom, luangkan waktu untuk bersama keluarga, misalnya dengan mengajak anak bermain di luar ruangan, memasak bersama, atau sekadar berkumpul mengobrol di ruang keluarga. Adakan secara rutin untuk mengajarkan anak bahwa tanpa gadget pun dapat membuat hatinya senang. 

  3. Berikan Contoh

     

    Mom dan pasangan merupakan guru pertama untuk anak-anak. Apapun yang dilakukan biasanya akan dicontek oleh anak, termasuk dalam hal menggunakan gadget. Sulit rasanya mengingatkan anak untuk membatasi pemakaian gadget, jika orangtuanya sendiri tidak pernah lepas dari gadget.

    Untuk mengatasi hal ini, libatkan anak-anak untuk membuat aturan yang wajib diikuti oleh sekeluarga, misalnya jam berapa saja boleh membuka gadget. Selain itu, tekankan keterbukaan antara anak dan orangtua sehingga dapat terhindar dari membuka situs atau konten yang tidak sesuai dengan umurnya.

  4. Berikan Beragam Kegiatan

     

    Seringkali, anak yang sibuk dengan gadgetnya tidak memiliki kegiatan yang dapat mengisi waktu luangnya. Mulailah dari Mom sendiri untuk meninggalkan gadget dan memilih melakukan hal lain yang bisa jadi hobi menyenangkan, seperti memasak, merajut, atau berkebun.

    Bisa juga mengajak anak berolahraga, baik di dalam maupun luar ruangan. Pilih aktifitas fisik yang dapat dinikmati anak dan orangtua, seperti menari, berenang, bersepeda, hingga berjalan-jalan santai. Tidak hanya meningkatkan keakraban antar anggota keluarga, tapi juga menjauhkan dari gangguan kesehatan.

    Gadget yang dimanfaatkan dengan tepat memang dapat memberikan pengaruh baik bagi tumbuh kembangnya. Tapi tetap berikan pengawasan dan pendampingan untuk menekan efek buruk dan risiko kecanduan.

Lo Lie Cu
thanks infonya
Lo Lie Cu
thanks infonya
Explore More

Trik Agar Anak Lebih Aktif dan Dinamis

Article- 04 Sep 2015

Tak Kenal Maka Tak Sayang Dengan Anak ADHD

Article- 03 Dec 2013

Pengalaman (dan Pelajaran) Baru untuk Si...

Tips & Trick- 05 Jul 2011