Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Tips Membiasakan Anak Makan Makanan Sehat

Featured Story

Yuk, Ajak Anak untuk Berbagi!

1. Mulai dari sarapan

 Bikin gerakan makan sehat untuk seluruh keluarga dan tentukan waktu pelaksanaannya secara bertahap. Misalnya dimulai dari membiasakan makan sehat pada saat sarapan. Bagi anak yang memerlukan waktu yang lama untuk menghabiskan makanan, paksakan dia untuk minimal menghabiskan setengah gelas susu dirumah sebelum berangkat sekolah dan makan 1 lembar roti di perjalanan. Esok harinya ganti dengan telur ayam kampung rebus matang atau setengah matang sesuai selera. Dan setelah kebiasaan ini berjalan beberapa waktu, targetkan anak untuk sarapan roti dan susu di rumah sebelum berangkat.

 

2.  Makan bersama di meja makan

Makan didepan TV atau sambil bermain, membuat mom susah untuk mengontrol asupan makan anak. Coba biasakan anak untuk makan bersama-sama di meja makan, bisa juga diselinggi ngobrol ringan dan bercanda. Sehingga kegiatan makan pun tidak berasa beban bagi anak. Anak Mom yang berusia 1 tahun juga harus mulai dibiasakan untuk duduk di kursi makan tinggi, sehingga dia terbiasa makan duduk mencontoh kakak dan orang tuanya.

 

3. Stok bahan makanan sehat

Mulai umur 1,5 tahun anak mulai senang makan sendiri. Agar dia juga terbiasa mandiri dan makan makanan sehat, sediakan beragam finger food seperti biskuit, wortel yang direbus dan dipotong seukuran jari serta buah yang siap untuk dimakan seperti pisang dan apel. Tempatkan makanan ini di tempat yang mudah terjangkau atau sediakan bangku pendek untuk membantu anak menjangkau tempat yang tinggi. Pastikan wadah penyimpanan mudah untuk dibuka dan tidak mudah pecah.

 

4. Hindari menggunakan makanan "racun" sebagai hadiah makanan sehat

Maksudnya memotivasi anak untuk memakan makanan sehat dengan memberikan hadiah berupa permen atau kerupuk. Jika hal ini terlanjur menjadi kebiasaan, akan membuat anak mengalami gangguan makan dan hanya mau makan sayur misalnya jika diberi hadiah permen.

 

5. Sedikit tapi sering

Untuk tahap awal sediakan sayuran di piring anak dalam porsi kecil atau olah sayuran atau kacang atau buah dalam bentuk makanan ringan. Sayuran bisa di rebus untuk dijadikan snack beserta saus cocolan seperti mayonise. Buah dimasukkan kepuding atau diolah menjadi fruit salad. Sehingga gizi anak terpenuhi dengan cara yang anak senangi tanpa beban.

 

6. Kurangi konsumsi fast food

Batasi mengkonsumsi makanan fast food sebulan sekali dan biasakan untuk memasak sendiri. Hal ini akan jauh lebih sehat walau menghabikan waktu. Jika mom tidak mempunyai pembantu rumah tangga untuk memasak setiap hari, pilih saja menu makanan yang praktis untuk anak-anak. Seperti buat kaldu 1 panci besar dan bagimenjadi beberapa plastik sesuai porsi 2x makan anak. Sehingga setiap mau memasak, mom tinggal menumis bumbu dan mencemplungkan isi sop kedalam kaldu tersebut. Atau stok lontong isi sebagai cemilan ketika bepergian sehingga dikala kegiatan berjalan -jalan masih berlangsung dan belum sempat mampir ke restorqn aedangkan anak mom mulai lapar, mom bisa memberikan lontong ini sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi kelaparan.

Ramlah
Siti gak suka jajan :)
Maria Ulfa
thq tipsnya
Explore More

Pentingnya Stimulasi Empati

Article- 26 Jul 2016

Berteman dengan Lawan Jenis

Article- 22 Oct 2014

Anak dan Kenakalannya

- 19 Mar 2014