Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

7 Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Nyamuk

Hewan satu ini memang sangat mengganggu.Selain suaranya bising, gigitan jenis nyamuk tertentu juga dapat mengakibatkan penyakit serius. Karena itu, Mom harus ekstra waspada terhadapnya.

Featured Story

Rentan Luka dan Cidera, Yuk Sediakan Kotak P3K di Rumah

 

Tapi tenang, Mom, perkembangbiakan nyamuk di sekitar rumah sebetulnya bisa dicegah dengan cara alami, lho. Dengan begitu, Mom tak perlu bergantung kepada berbagai pembasmi nyamuk kimia seperti yang terdapat pada losion, obat nyamuk bakar maupun semprot.

 

Yuk, mulai siapkan dan tanam berbagai tumbuhan berikut ini, dijamin nyamuk pergi menjauh.

 

Kemangi

Selain menyehatkan tubuh karena kandungan vitamin di dalamnya, tanaman kemangi ternyata juga ampuh sebagai pengusir nyamuk. Tanaman herbal ini memiliki kandungan senyawa alami dan aromayang sangat menyengat bagi nyamuk.

 

Serai

Tamanan ini efektif mengusir nyamuk. Mom tinggal menggunakan ekstrak daun serai yang telah menjadi minyak, lalu percik-percikkan saja di berbagai tempat yang diyakini sebagai sarang nyamuk.


Tanaman citronella

Letakan citronella di dalam rumah, atau boleh juga menggunakan essential oil-nya. Agar nyamuk enggan mendekati anggota keluarga, campurkan tanaman ini pada air mandi supaya meresap ke dalam kulit.

 

Tanaman lavender

Aroma lavender yang khas sudah terbukti dapat mengganggu indera penciuman nyamuk. Sehingga, nyamuk tak suka berada di area yang beraroma lavender. Bila tak ada tanaman lavender di dalam rumah, Mom juga bisa membakar minyak aromatherapy lavender sejenak dan membiarkan aromanya memenuhi ruangan. Nyamuk pasti kabur setelah mengendus aroma lavender yang justru menenangkan bagi keluarga Mom. 

 

Teratai

Ditanam di kolam, teratai tak hanya indah dipandang, namunjuga efektif mencegah nyamuk dan larvanya berkembang di sana.  Ada semacam zat aktif pada teratai yang dapat mengenyahkan nyamuk secara alami. Karena tumbuh di air, tanaman ini cocok untuk mengusir nyamuk di area kolam dan halaman.

 

Minyak kedelai

Menurut The New England Journal of Medicine, minyak kedelai efektif sebagai pengusir nyamuk alami.  Tapi menurut Matthew Brennecke, dokter naturopati di Rocky Mountain Wellness Clinic di Fort Collins, Colorado, minyak ini perlu dipakai lebih sering dari beberapa jenis minyak lainnya, sekitar 1 jam sekali.

 

Minyak lemon eucalyptus

Minyak nabati yang terkandung di pohon citriodora eucalyptusini mengandung bahanyang mampu memberikan perlindungan yang tahan lama. Perlindungan dari serangga bisa bertahan hingga dua jam lebih.

Muyasaroh
banyak sekali manfaat menanam kemangi di halaman rumah, bisa untuk mengusir nyamuk
Mumut Fortuna
benar sekali nyamuk tidak suka wewangian ,bisa dicoba nih
Explore More

Eksotisme laut di Kepulauan Seribu,...

Article- 07 Jun 2012

Ajari Anak Berhemat dan Menabung Sejak...

Article- 06 Sep 2017

Bolehkah Sistem Kontrak Berhadiah?

Article- 17 Sep 2014