Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Aktivitas Seru di Dalam Ruangan

Kondisi cuaca yang tidak cerah terkadang membuat anak kesulitan untuk melakukan kegiatan outdoor favoritnya. Misalnya, kegiatan seperti bersepeda atau bermain di taman mustahil dilakukan saat cuaca sedang hujan. Padahal anak sedang semangat bermain. Bagaimana cara Mom dan Dad menyiasatinya? Ada kok, beberapa permainan seru yang dapat dilakukan di dalam rumah, dan tentu saja tanpa bantuan gadget.

Featured Story

Mengenalkan Kembali Permainan Tradisional kepada Anak

 

  1. Petak Umpet
    Kapan terakhir kali Mom bermain petak umpet dengan anak? Petak umpet adalah jenis permainan seru yang dapat dimainkan oleh segala usia dan tentu saja bisa dilakukan di dalam rumah. Jangan lupa, modifikasi beberapa aturan permainan sesuai usia anak, dan pastikan kondisi rumah atau ruangan-ruangan yang dipakai aman ya, Mom.

  2. Berkemah dalam rumah
    Yuk, ajak anak bermain sekaligus melatih imajinasinya dengan berkemah di dalam rumah. Mom bisa mengajaknya berkemah dengan menggunakan teepee (tenda Indian) atau tenda portable milik anak. Jika tidak ada, ajak dia mendirikan tenda dengan menggunakan kursi-kursi dan selimut favoritnya. Setelah terbentuk, Mom bisa mengajaknya melakukan berbagai aktivitas seru di dalam tenda seperti pura-pura memasak, menyanyi, bahkan membaca dongeng favoritnya di dalam tenda. Mom juga dapat mematikan lampu ruangan dan menyalakan senter sambil mendongeng sehingga tercipta suasana yang berbeda. Seru, bukan?

  3. Art and craft
    Ada banyak sekali jenis permainan yang melatih bakat seni anak di rumah. Mom dan anak bisa menggambar atau melukis bersama, membuat berbagai prakarya dengan menggunakan playdough, atau membuat istana pasir dengan menggunakan pasir kinetik. Salah satu permainan yang bisa dimainkan seluruh anggota keluarga misalnya adalah tebak gambar, yang dimainkan dalam bentuk kuis. Permainan ini biasanya seru dimainkan bersama karena anak merasa ditantang untuk mengeluarkan kemampuan gambarnya.

  4. Masak, yuk!
    Memasak bersama anak merupakan aktivitas yang menyenangkan, sekaligus membuatnya lebih mandiri. Jangan lupa, ukur dulu kemampuannya ya, Mom. Anak bisa membantu Mom mencuci dan memotong buah atau sayuran, atau membantu membentuk adonan misalnya saat membuat kue kering.

  5. Membereskan kamar
    Tak hanya bermain, aktivitas lain yang bisa membuat anak bergerak di dalam rumah misalnya, membereskan buku-buku dan mainan di dalam kamarnya. Membereskan kamar sendiri bisa jadi merupakan aktivitas yang paling membosankan bagi anak. Namun, Mom bisa membuatnya bersemangat dengan menyembunyikan kudapan favorit atau hadiah lainnya di dalam kamar anak dan menantangnya untuk menemukan ‘harta karun’, dengan catatan jika ia mau membereskan kamarnya sendiri.

 

Selamat mencoba ya, Mom!

Fitriamarieindarto Goodmorning
Biasanya saya sama si kecil suka bikin craft ato menggambar
Yuliana Yoeli
makasih info nya
Explore More

Rayakan Hari Pertamanya Bersekolah

Tips & Trick- 05 Aug 2015

Hindari Kekerasan Pada Anak

Article- 25 Nov 2014

Mengenali Bahasa Cinta Si Kecil

Tips & Trick- 26 Oct 2011