Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Disiplin sejak dini pada si kecil

Kata-kata disiplin sering terdengar ketika si kecil mulai memasukin usia 3 tahun dan mulai memasuki tahap eksplorasi. Sebenarnya apa sih makna dari disiplin itu? Bisa gak sih diterapkan pada si kecil sejak dini? Menurut www.artikata.com, disiplin adalah tata tertib (di sekolah, kemiliteran, dsb); ketaatan (kepatuhan) kpd peraturan (tata tertib dsb). Dalam kehidupan sehari-hari, konsep disiplin bisa di ajarkan kepada si kecil sejak usia batita.

Featured Story

Asupan Alami Ini Efektif Menaikkan Trombosit Anak

Berikut contoh kehidupan sehari-hari yang bisa diselipkan konsep pengenalan disiplin :

  1. Makan : latih si kecil sejak usia batita untuk terbiasa makan di meja makan. Hal ini untuk memudahkan Mom juga ketika pergi makan di luar rumah
  2. Nonton TV : nonton tv hanya boleh 1 jam 9 setelah si kecil mengerjakan PR 
  3. Pengenalan waktu : jika sudah sore, waktunya si kecil mandi lalu bermain ke luar bersama teman-teman. ketika magrib, waktunya si kecil pulang ke rumah.
  4. Konsep Sekarang : Sebagai stimulasi, saat si kecil melakukan suatu kegiatan, orangtua bisa menanyakan apa yang sedang dilakukannya. Misal : "Kakak/adek sekarang sedang main apa? Oh, main mobil-mobilan?" Ini akan membuatnya memahami konsep sekarang atau saat ini.
  5. Tadi : coba ajarkan konsep "tadi" atau kejadian yang sudah terlampaui. Sebagai stumulasi, ingatkan kejadian yang baru saja dialami si kecil. Misalnya : ketika pulang sekolah , ajukan pertanyaan ”tadi di sekolah belajar apa saja “ ?
  6. Nanti : Konsep "nanti" sedikit lebih sulit dipahami dan butuh latihan berulang-ulang. Tidak heran jika dia terus menerus bertanya . misalnya : “mama, aku mau beli dvd kungfu panda” dan anda bisa menjawab : “oke. Nanti kalo alat pemutar dvd nya sudah di perbaikin hari sabtu” . Dan hingga saat yang di nantikan tiba, si kecil akan terus bertanya hal yang sama. Itu tandanya si kecil sedang memahami maksud kata nanti
  7. Memilih makanan yang baik dan buruk : ketika berbelanja bareng di supermarket, si kecil sudah mulai tau makanan favoritnya. Agar dia tidak kalap, berikan aturan main dan buat menjadi sebuah permainan. Misalnya :“sayang, Mom mau belanja bulanan. Kamu hanya boleh pilih 2 biskuit dan tidak boleh coklat" dan ketika sampai di rak biskuit, berikan kebebasan pada si kecil untuk memilih rasa dan merk biskuit dari 4 pilihan yang kita ajukan. 
  8. Jika si kecil pecinta makanan manis berikan pengertian padanya untuk hanya boleh memilih 1 makanan manis per hari. Sebagai pilihan Mom bisa mencoba memberikan vitamin berbentuk gummy dari CombiKid. Sehingga selain si kecil bisa tetap menikmati makanan manis, CombiKid juga bisa menyehatkan si kecil. 

Dalam mengajarkan disiplin pada si kecil, di butuhkan kesabaran serta kreatifitas dalam mengolah maksud menjadi tindakan atau kalimat sederhana. Tapi hasilnya sangat memuaskan dan mempercepat pendewasaan buah hati Mom juga . Selamat mencoba.


 

Mia Triana
oke infonya mau dicoba
Fifin Sonata
ini nih yang susah diterapkan..
Explore More

Menentukan Skala Prioritas

Article- 12 Mar 2012

Jurus Anti Bully

Tips & Trick- 26 Jul 2016

Memilih Buku yang Tepat untuk Anak

Article- 31 Oct 2016