Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Dos & Don'ts Saat Liburan Bersama Anak

Menghabiskan Menghabiskan waktu libur bersama anak dan keluarga pastinya menjadi hal yang terbaik untuk keluar sejenak dari rutinitas. Siapkan segala sesuatunya, agar liburan menyenangkan tanpa diganggu hal kecil yang merepotkan.

Featured Story

Asupan Alami Ini Efektif Menaikkan Trombosit Anak

 

Dos:

1. Ajak anak untuk terlibat dalam perencanaan liburan. Mulai dari pilihan tempat, waktu, transportasi, dan akomodasi. Jadi setiap pilihan dalam liburan sudah merupakan hasil kesepakatan.

 

2. Apapun jenis transportasi yang dipilih, pastikan Mom menyediakan media agar anak dapat menyibukkan diri sepanjang perjalanan. Misalnya mainan kecil, buku, alat gambar, atau sesekali ijinkan anak bermain dengan gadget dengan pengawasan dan batasan waktu.

 

3. Sediakan baju ganti, obat-obatan, dan tisu basah di tas tangan atau ransel. Agar saat dibutuhkan, Mom tidak perlu membongkar koper di tengah perjalanan.

 

4. Siapkan selalu makanan kecil dan air putih. Saat anak mulai gelisah di kendaraan, biasanya makanan kecil engalihkan perhatiannya. Pilih snack yang mudah dibawa dan tetap sehat. 

 

5. Dokumentasikan setiap momen dalam liburan Mom dalam bentuk foto atau video, agar anak dapat berbagi cerita tentang pengalamannya kepada teman atau orang lain, juga membangun motivasinya untuk senang melihat tempat-tempat baru yang lain kelak. 

 

Don’ts:

1. Selain menghibur tentunya Mom juga ingin setiap liburan bermanfaat untuk anak. Namun tak perlu menjejali jadwal liburan dengan kegiatan yang terlalu padat. Ini dapat membuat anak kelelahan sehingga malah tidak menikmati liburan.

 

2. Memilih penginapan di daerah yang sepi dan terpencil sehingga sulit akses ke mana-mana, seperti ke restoran, supermarket, klinik kesehatan, dan apotik. Penginapan juga sebaiknya jangan terlalu jauh dari objek wisata walaupun tarifnya murah.

 

3. Hindari makanan yang terlalu asam, pedas, atau manis, agar anak tidak mual dalam perjalanan, karena minuman bersoda dan makanan yang berlemak tinggi juga dapat mengakibatkan mabuk perjalanan. 

 

4. Untuk Mom dan Dad, lupakan pekerjaan. Jangan kurangi kualitas waktu liburan dengan anak hanya karena tetap berkomunikasi untuk urusan pekerjaan atau bahkan sibuk dengan laptop.

Sri Utami Saroh
terima kasih infonya, snagat bermanfaat sekali
Sri Puji Rahmawati
ilmu dan pengetahuan baru
Explore More

Lindungi Anak dari Kecanduan Gadget

Article- 12 Dec 2017

SMART Internet

Tips & Trick- 30 Nov 2012

Biasakan Anak Membereskan Mainannya...

Tips & Trick- 06 Dec 2016