Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Nutrisi Tepat Agar Anak Selalu Sehat

Kesehatan anak tentu saja merupakan investasi yang berharga untuk masa depannya. Salah satu faktor penting agar dia selalu sehat dalam masa pertumbuhannya adalah asupan nutrisi yang seimbang. Selain agar selalu sehat dan kuat, nutrisi yang tepat dapat membuat kemampuan otak anak berkembang secara optimal, serta terhindar dari risiko terpapar penyakit. Yuk, Mom dan Dad, sediakan makanan bernutrisi yang variatif, sehingga mereka dapat tumbuh menjadi individu yang sehat, kuat dan cerdas.

Featured Story

Hindari Membeli Obat Bebas yang Sudah Kedaluwarsa

 

Dari manakah anak memperoleh manfaat nutrisi yang optimal? Berikut daftarnya ya, Mom.

 

  1. Karbohidrat 
    Konsumsi karbohidrat diperlukan sebagai sumber energi agar anak tetap aktif seharian. Sumber karbohidrat tidak hanya nasi loh, Mom. Karbohidrat dapat diperoleh dari jagung, kentang, ubi, singkong, dan pasta. Selain itu, kenalkan juga gandum ya, Mom. Gandum, khususnya gandum utuh, mengandung banyak serat sehingga baik untuk kesehatan jantung dan pencernaannya. Mom bisa membiasakannya makan roti gandum, havermut, atau quinoa untuk sarapan sebagai variasi.

  2. Protein 
    Sama halnya dengan karbohidrat, protein berperan sebagai sumber energi, sekaligus menjaga metabolism tubuh anak. Biasakan anak mengonsumsi berbagai jenis sumber protein seperti ikan, daging unggas, daging merah, serta telur. Jangan lupa, protein juga terdapat dalam berbagai jenis kacang-kacangan, lho.

  3. Sayur
    Selain mengandung serat yang baik untuk tubuh, sayuran juga mengandung berbagai jenis nutrisi seperti asam folat, vitamin A, E, dan C yang dapat membantu pembentukan sel darah merah dan menjaga jantung tetap sehat. Anak-anak sebaiknya mulai dikenalkan dengan berbagai variasi sayuran semenjak kecil, misalnya brokoli, kol ungu, bayam, dan sebagainya. Bagi yang kurang suka sayur, Mom bisa menyiasatinya dengan menambahkan sayuran cincang ke dalam homemade nugget atau mencampur sayur dengan buah favoritnya dalam bentuk jus.

  4. Buah
    Buah-buahan memiliki segudang manfaat bagi anak yang tengah mengalami masa pertumbuhan, karena mengandung berbagai nutrisi dan mengurangi risiko obesitas. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada “Journal of School Health” di Kanada menemukan, bahwa anak yang mengonsumsi lebih banyak buah terbukti lebih berprestasi di bangku sekolah dibandingkan dengan mereka yang tidak. Jadi, berilah anak camilan buah yang bervariasi setiap harinya ya, Mom. Bisa dalam bentuk buah potong, jus buah segar, pudding buah atau es loli buah.

  5. Dairy 
    Produk susu merupakan sumber kalsium yang diperlukan oleh anak agar tulang mereka sehat dan kuat. Produk susu juga mengandung banyak nutrisi, misalnya protein, iodine, riboflavin dan vitamin B12. Nah, produk ini macamnya adalah susu, yogurt, krim, mentega, dan keju-kejuan. Bila dia memiliki alergi susu sapi, Mom bisa memilih alternatif lain seperti susu kedelai atau susu almond. Jangan lupa, cek daftar bahannya untuk melihat kandungan kalsiumnya.

Nah, selain membiasakan anak mengonsumsi makanan sehat bernutrisi, Mom dan Dad pun wajib aktif dan menjadi anutan dengan turut serta mengonsumsi makanan sehat. Ajak juga anak ikut serta menyiapkan makanan; misalnya ikut membantu mencuci atau memotong sayuran, sehingga ia dapat melihat prosesnya dan lebih menghargai makanan.

Yuliana Yoeli
makasih info nya
Lo Lie Cu
thanks artikelnya
Explore More

Tips Mengatasi Emosi Anak

Tips & Trick- 25 Feb 2014

Bisakah Anak Berumur 2 Tahun Belajar...

Article- 06 Sep 2017

Pentingnya Suplemen Untuk Anak Yang...

Article- 06 Aug 2013