Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Rentan Luka dan Cidera, Yuk Sediakan Kotak P3K di Rumah

Anak yang tidak bisa diam memang rentan mengalami luka dan sakit ringan. Walau dianggap tidak membahayakan kesehatan, tetap saja Mom wajib membuat mereka merasa nyaman dan cepat memulihkan kesehatannya dengan menyediakan kotak P3K di rumah. Yuk lengkapi dengan barang dan obat-obatan berikut ini.

Featured Story

Ajarkan Anak Gunakan Kotak P3K

  1. Termometer

     

    Demam merupakan cara alami tubuh dalam mengatasi bakteri atau virus yang masuk. Walau bukan penyakit yang membahayakan, Mom wajib mengawasi perkembangan suhu tubuh anak. Agar dapat mengetahui suhu tubuh anak dengan lebih akurat, selalu sediakan termometer di dalam kotak P3K. Pilih yang berbentuk digital karena dapat memberikan hasil yang cukup cepat dan akurat.

  2. Pertolongan untuk Luka Terbuka

     

    Tergores dan terjatuh sering dialami anak yang aktif di dalam rumah. Jangan anggap remeh lho Mom, karena hal ini dapat memicu infeksi yang dapat mengganggu kesehatan dan kenyamanan anak. Untuk pertolongan terhadap luka terbuka, selalu siapkan cairan atau krim antiseptik yang dioleskan pada luka yang sebelumnya sudah dibersihkan.

    Selain itu, jangan lupa untuk menyediakan plester, perban, atau kain kasa. Hindari menggunakan kapas untuk  membersihkan dan membalut luka saat anak terjatuh. Serat kapas dapat tertinggal dan malah menimbulkan infeksi.

  3. Obat untuk Sakit Ringan

     

    Demam, batuk, dan pilek merupakan gangguan kesehatan yang sering dialami anak-anak. Walau bukan gejala penyakit yang berbahaya, anak dapat merasa kurang nyaman, terutama saat beraktivitas. Bantu dengan memberikan obat untuk penyakit ringan ini, misalnya pereda nyeri yang dapat mengatasi sakit kepala dan demam, atau batuk yang disesuaikan dengan jenisnya.

    Letakkan di kotak P3K yang terhindar dari sinar matahari dan area yang lembap untuk menjaga khasiat obat. Selain itu, jangan lupa untuk selalu membaca label kemasan untuk melihat dosis , cara pemakaian, tanggal kedaluwarsa, begitu juga dengan alat takarnya.

  4. Obat Diare

     

    Selain demam dan flu, diare juga sering dialami anak. penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari alergi, gangguan pencernaan akibat bakteri yang masuk lewat makanan, hingga makanan pedas atau asam. Mom wajib waspada karena diare dapat memicu dehidrasi yang membahayakan kesehatan anak. Sebaiknya sediakan selalu bubuk oralit atau obat anti diare yang didapat dengan resep dokter.

    Lengkapi kotak P3K di rumah untuk menjaga kesehatan keluarga dari penyakit, dengan obat-obatan tersebut.

Bundanya Thyan
selalu sedia...
Mamanya Chrisna
Tips yg bermanfaat
Explore More

Perbedaan Perkembangan Emosi Anak Antara...

Article- 12 Feb 2014

Anak Populer VS Anak Tidak Populer

Tips & Trick- 20 Oct 2015

Cara Membersihkan Telinga Anak

Article- 31 Mar 2017