Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Trik Jitu Berikan Obat Pada Anak

Sedihnya Mom saat melihat anak terbaring di tempat tidur seharian karena jatuh sakit. Agar dapat kembali sehat dan ceria, selain cukup beristirahat, pemberian obat juga dapat membantu kesembuhannya. Sayangnya, hal ini terkadang menjadi tantangan sendiri, karena anak enggan membuka mulutnya. 

Featured Story

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak dengan 5 Cara Ampuh Ini

Daripada memaksa bahkan mencekokinya, Mom bisa mencoba beberapa trik berikut ini untuk memberikan obat ke anak.

  1. Beri Pengertian

     

    Untuk anak yang sudah cukup besar berilah pengertian dengan sejelas-jelasnya, sehingga ia mau meminum obatnya dengan sukarela tanpa ada paksaan. Beritahukan tentang obat apa yang akan diberikan dan apa manfaatnya bagi tubuh anak. 

    Tapi sebaiknya jangan berbohong dengan mengatakan obat memiliki rasa yang enak. Jika ada kemungkinan ia tidak menyukainya, diskusikan cara terbaik untuk menyamarkannya, misalnya menambahkan pemanis atau mengonsumsinya dengan bantuan buah, seperti pisang. 

  2. Pasang Wajah Bahagia

     

    Melihat raut wajah Mom yang khawatir atau takut bisa membuat anak enggan meminum obat. Pasang muka bahagia dan jauhkan pikiran negatif karena anak dapat dengan mudah menangkap bahasa tubuh yang orang tunjukkan di hadapannya.

    Jangan terlalu tegang saat minum obat tiba, tapi berikan waktu sejenak untuk bersantai agar tidak memikirkan hal tersebut. Mulai dari mengajaknya bercanda atau memancingnya dengan makanan kesukaan, sehingga ia merasa tenang dan rileks saat mengonsumsi obat-obatan.

  3. Iming-Iming Hadiah

     

    Anak yang susah minum obat memang bikin stres ya, Mom. Tidak ada salahnya mencoba memberikan iming-iming hadiah jika ia sukses meminum obatnya tanpa rewel. Cobalah untuk menjanjikan makanan kesukaannya, memberinya tambahan waktu untuk menonton TV, atau pergi ke tempat yang diinginkan setelah anak sembuh. Tentunya, sesuaikan hadiah yang akan diberikan dengan kondisi kesehatannya, misalnya jangan berikan es krim saat anak batuk karena bisa memperburuk sakitnya.

  4. Bermain Peran

     

    Anak-anak suka melakukan permainan, terutama bermain peran. Luangkan lebih banyak waktu untuk membuatnya lebih rileks. Mom dapat mengajaknya bermain menggunakan mainan yang dimiliki, seperti boneka yang berperan sebagai dokter dan anak menjadi pasien.

    Bisa juga bermain role play seperti dokter-dokteran sambil memberikan penjelasan tentang pentingnya meminum obat saat sakit. Ini merupakan cara asyik melibatkan anak dalam pengambilan keputusan, sehingga ia mau meminum obat dengan sedikit mungkin melakukan pemaksaan.

    Semoga cara-cara ini dapat membantu Mom yang kesulitan membujuk anak untuk meminum obat, tanpa memaksa dan mencekokinya ya. 

Yuliana Yoeli
makasih info nya
Explore More

Bekal Sekolah Praktis dan Sehat

Tips & Trick- 05 Aug 2015

Perilaku Internet Pada Anak

- 19 Dec 2012

Hapus ketakutan 1st day on school si kecil

Article- 20 Jul 2011