Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Bantu Keluarga yang Sedang Sakit, Cara Tanamkan Empati Sejak Dini

Pada dasarnya, anak-anak sangat suka membantu orang lain yang membutuhkan bantuannya. Selain membantu menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, Mom bisa menanamkan empati sejak dini dengan memberi bantuan dalam merawat anggota keluarga yang sedang sakit. Yuk, ajarkan beberapa hal mudah berikut ini.

Featured Story

Yuk, Latih Anak Memahami P3K Dasar Sejak Dini

  1. Membantu Membuatkan Sop Ayam

    Bagi anak-anak, dapur bisa jadi tempat bermain dan belajar yang seru. Tidak ada salahnya bagi Mom untuk mengajak anak mempersiapkan makanan bagi anggota keluarga yang sedang sakit, salah satunya sop ayam yang hangat dan lezat. 

    Mempersiapkan bahan-bahannya cukup mudah, ajak anak untuk menyiapkan bumbu, membersihkan sayuran dan memotongnya, hingga memasukkan berbagai bahan ke dalam panci. Jangan lupa untuk menyebutkan jika masakan ini dibuat dengan bantuan anak, yang bikin mereka merasa bangga.

  2. Menyediakan Minuman Hangat

    Hampir sama dengan membantu menyiapkan makanan yang akan memulihkan kesehatan anggota keluarga yang sedang sakit, menyediakan minuman hangat juga dapat dilakukan oleh anak-anak. berikan kesempatan pada mereka untuk memilih gelas yang akan digunakan. Mom dapat membantu dengan menuangkan air panas lalu tambahkan teh, perasan jeruk atau madu yang dapat menghangatkan tenggorokan bagi penderita flu.

  3. Membuatkan Kartu untuk Memberi Semangat

    Manfaatkan bakat anak-anak dalam membuat prakarya untuk memberikan semangat pada anggota keluarga yang sedang sakit. Siapkan bahan-bahan untuk membuat kartu, mulai dari kertas warna-warni, alat tulis dan mewarnai, lem dan gunting. Biarkan mereka berkreasi sesuai dengan keinginan dan dorong untuk memberikannya sendiri karya buatannya. Dijamin, yang sakit juga akan terhibur dan anak-anak pun merasa senang karena kartu buatannya dihargai.

  4. Memberi Kesempatan untuk Beristirahat

    Agar kesehatannya cepat pulih, anggota keluarga yang sakit perlu istirahat cukup. Hal ini tentu sulit dilakukan di rumah dengan anak-anak yang bermain dengan suara kencang atau berlarian hingga memicu suasana yang gaduh. Ingatkan pada mereka jika orang sakit pun butuh istirahat agar cepat sembuh.

  5. Mengingatkan untuk Minum Obat

    Terkadang, anggota keluarga yang sedang sakit lupa meminum obat yang direkomendasikan dokter. Akibatnya butuh waktu lebih lama untuk memulihkan kesehatannya. Berikan jadwal minum obat pada anak-anak yang akan membantu mengingatnya. Jika perlu tempelkan di tempat-tempat yang mudah dilihat olehnya atau pasang alarm.

    Membantu merawat anggota keluarga yang sedang sakit bisa jadi salah satu cara untuk menanamkan empati sejak dini. Agar anak-anak tidak tertular flu, jangan lupa untuk membiasakan mereka untuk mencuci tangan setelah berdekatan dengan penderita flu, menggunakan toilet atau sebelum dan sesudah memegang makanan. Ingatkan juga untuk menjaga jarak dengan orang sakit dan memakai masker, ya Mom.

    Sayangnya, virus flu yang mudah menular dapat mengganggu  kesehatan anak. Segera berikan OBH Combi Anak Batuk Plus Flu untuk meredakan  batuk yang disertai gejala-gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin. Formulanya sudah dipercaya dari generasi ke generasi untuk  meredakan batuk dan gejala flu pada anak.

Yuk, libatkan anak-anak untuk ikut membantu mengurus anggota keluarga yang sedang sakit sebagai bentuk empati.

Explore More

Tips Menjadi Keluarga Kompak

Tips & Trick- 25 Nov 2014

Yuk, Kita Merawat Kuku

Article- 24 Jan 2017

Tugas Sekolah Anak Makin Menantang, Yuk...

Article- 09 Jan 2018