Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Tak Hanya Menghibur, Ide Wisata Edukasi Ini Sarat Manfaat!

Liburan anak yang cukup panjang di akhir tahun mau tidak mau membuat Mom putar otak mencari tujuan wisata yang tepat. Berbagai pilihan wisata edukasi bisa jadi jawaban yang tepat, lho. 

Featured Story

Cara Tepat Kenalkan Anak Pada Asyiknya Berenang

Selain menawarkan beragam atraksi yang seru dan menghibur, destinasi wisata yang kini sedang ngetren ini juga memberikan banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak. mulai dengan memberikan pengetahuan, melatih keterampilannya hingga mengembangkan kemampuan sensorik maupun motorik. Yuk, cek beberapa jenis tempat wisata edukasi yang bisa dikunjungi bersama keluarga.

  1. Wisata Kebun Buah atau Sayur

    Jenis wisata yang satu ini tengah berkembang pesat. Mengajak anak mengunjungi kebun sayur dan buah untuk melihat langsung berbagai jenis tanaman, lengkap dengan mengenal proses penananaman, memelihara hingga memanennya memberikan pengalaman yang seru. 

    Selain kebun buah dan sayur, bisa juga mengajak keluarga ke area persawahan yang asri atau kebun teh yang sejuk. Bukan hanya memberikan pengetahuan, tapi juga mendorong anak-anak untuk lebih menyukai makan buah dan sayur.

  2. Pusat Sains

    Belajar tentang ilmu pengetahuan alam atau sains terkadang membuat anak mudah bosan dan kurang tertarik. Beda ceritanya jika Mom mengajak mereka mendatangi berbagai tujuan wisata yang mengasah rasa ingin tahunya dengan berbagai alat peraga yang seru dan menyenangkan. Mulai dari Planetarium Taman Ismail Marzuki yang mengenalkan ilmu astronomi, Bandung Science Centre yang memiliki puluhan tema lengkap dengan atraksi interaktif atau Taman Pintar di Yogyakarta yang punya alat peraga super lengkap.

  3. Pertunjukan Kesenian Tradisional

    Anak-anak kini mungkin lebih mengenal berbagai musik dan tarian modern ketimbang kesenian tradisional. Untuk melestarikan budaya asli bangsa, ajak anak-anak untuk melihat langsung pertunjukan kesenian tradisional di sekitar tempat tinggal Mom. Mulai dari wayang orang, Kuda Lumping, tari-tari tradisional hingga Karapan Sapi.

    Jika sedang berkunjung ke Bandung bisa juga mampir ke Saung Angklung Udjo. Bukan hanya bisa menikmati alunan musik angklung, tapi juga belajar memainkan alat kesenian Sunda yang sudah dikenal di dunia.

  4. Taman Bermain

    Dunia anak-anak memang tidak bisa dipisahkan dengan bermain. Tidak ada salahnya mengajak anak-anak mengunjungi taman bermain. Biaya masuknya pun bervariasi, dari yang gratis hingga yang mahal, anak-anak bukan hanya merasa terhibur, tapi juga mendapatkan berbagai manfaat edukasi. Mulai dari melatih keberanian, kemandirian, bersosialisasi dengan pengunjung lain hingga melatih kemampuan sensorik maupun motorik.

  5. Kebun Binatang

    Jika selama ini anak-anak hanya mengenal berbagai jenis binatang dari buku, video atau film, Mom bisa mengajaknya melihat langsung di kebun binatang. Selain menambah pengetahuannya,c ara ini juga efektif menanamkan kecintaan pada alam dan makhluk hidup lainnya sejak dini. Ada berbagai kebun binatang besar dan menarik yang dapat dikunjungi mulai dari Sea World Ancol, Taman Safari atau Secret Zoo.

Jangan hanya sekadar berlibur, ajak anak-anak mengunjungi wisata edukasi yang sarat manfaat.

Yeni Setiyawati
Liburan yang penuh manfaat
Yeni Setiyawati
Rekreasi yang bermanfaat
Explore More

Tip Mengajarkan Puasa

Article- 06 Aug 2013

Mengenal Parasetamol dan Ibuprofen

Article- 02 Feb 2017

Tips Menumbuhkan Kemandirian Anak

Article- 30 Sep 2013