Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Mengajak Anak Wisata Kuliner

Rumah Rumah makan masih menjadi pilihan favorit untuk dijadikan tempat hang out. Melakukannya bersama anak, bisa menjadi momen seru lho, Mom. Wisata kuliner dapat memberinya pengalaman baru melalui ragam menu makanan, juga sebagai cara anak mencintai budaya lokalnya.

Featured Story

Arti Kejujuran dan Berpikir Realistis Pada Anak

 

Berikut ini beberapa hal yang perlu Mom perhatikan saat berwisata kuliner bersama anak:

 

1. Kebersihan

Sebelum memesan makanan, Mom bisa melihat tampilan rumah makan secara umum untuk menilai kebersihannya, seperti: 

 

- Lokasi restoran. Perhatikan, apakah ada kemungkinan pengunjung dan makanan terkena debu dari jalanan.

 

- Perlengkapan yang digunakan untuk menyantap makanan. Jika dicuci dengan bersih, pastinya tidak akan ada sisa-sisa makanan yang tertinggal.

 

- Transaksi pembayaran. Uang adalah sumber kuman, maka pastikan petugas yang mengelola makanan dan yang melayani transaksi pembayaran adalah orang yang berbeda.

 

- Pengolahan hidangan: Bila memungkinkan, cobalah untuk memperhatikan suasana dapur rumah makan tersebut. Kebersihan bahan-bahan yang digunakan dan perilaku orang yang memasak di dapur menentukan kualitas makanan yang disajikan, lho. Agar lebih yakin akan kebersihan hidangan, cobalah untuk memilih restoran dengan konsep open kitchen.

 

2. Menu makanan

Pilih restoran yang memiliki menu children friendly, yaitu sajian yang tidak mengandung terlalu banyak cabai, lada, atau asam, karena ini semua dapat menyebabkan anak diare jika perutnya tidak kuat. Tilik juga porsi sajiannya, agar makanan yang dikonsumsi anak sesuai dengan kebutuhannya. Jika tidak ada porsi kecil, pesanlah satu porsi untuk berdua

 

3. Fasilitas restoran

Untuk memudahkan Mom dalam mengantisipasi kebutuhan anak, kunjungi rumah makan yang menyediakan kamar kecil yang layak, lengkap dengan wastafel untuk mencuci tangan serta kursi khusus bagi anak yang masih terlalu kecil untuk duduk di bangku orang dewasa. Selain itu, ketahui juga konsep rumah makan yang Mom kunjungi, terutama yang menghadirkan hiburan berupa live music. Sesuaikan hiburan yang ada dengan usia anak. 

Sri Utami Saroh
ide bagus nih, liburan sambil berwisata kuliner, bisa mengenalkan berbagai macam warisan kuliner ke anak-anak
Sri Utami Saroh
terima kasih infonya
Explore More

Kenali Bahan-Bahan yang Disalahgunakan...

Article- 23 Sep 2016

Tips Membuat Si Pemalu Menjadi Pemberani

- 19 Mar 2014

Yuk, Jaga Kualitas Tidur Anak

Article- 16 Mar 2015