Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Vitamin Penting untuk Pertumbuhan

Setiap orangtua pasti menginginkan anak yang tumbuh sehat dan cerdas. Sudah menjadi kewajiban orangtua untuk memastikan keseimbangan asupan nutrisi anak. Zat gizi yang dibutuhkan anak bukan hanya karbohidrat, protein dan lemak saja ya, Mom. Ada juga yang walaupun dalam jumlah sedikit namun sangat dibutuhkan yaitu yang disebut sebagai mikronutrien.

Featured Story

Duh, Anak Susah Untuk Minum Obat

 

Pentingnya vitamin dan mineral

Salah satu fungsi penting dari mikronutrien yang terdiri dari vitamin dan mineral ialah sebagai kofaktor enzim-enzim. Kofaktor enzim bertugas membantu kerja enzim untuk melakukan metabolisme zat gizi lain, seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Oleh karena itu, angka kecukupan gizi mikronutrien yang tidak tepat dapat menganggu keseimbangan metabolisme tubuh.

 

Vitamin penting bagi anak

Semua vitamin baik untuk tubuh. Namun vitamin A, B, C dan D dianggap yang paling penting, terutama di masa pertumbuhan. Apa saja kegunaannya?

  1. Vitamin A. Sangat penting untuk membentuk dan mempertahankan kulit dan rambut yang sehat, membantu penglihatan dan berperan dalam tumbuh kembang, imunitas dan sistem reproduksi yang sehat.
  2. Vitamin B. Vitamin yang terkenal memiliki banyak saudara ini (B kompleks) sangat penting untuk membantu mengubah zat makanan menjadi energi, menjaga kesehatan fungsi syaraf, menyehatkan pencernaan, juga menjaga kesehatan rambut dan kuku anak.
  3. Vitamin C. Si super vitamin! Ia memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari membantu pembentukan dan perbaikan sel-sel darah merah, tulang serta jaringan tubuh lainnya, hingga membantu penyembuhan luka lebih cepat serta meningkatkan sistem imunitas tubuh.
  4. Vitamin D. Salah satu vitamin yang dapat dihasilkan oleh tubuh manusia. Vitamin D diproduksi di kulit secara alami dengan bantuan sinar ultraviolet dari matahari. Vitamin D penting dalam pembentukan tulang dan penggunaan kalsium serta fosfor di dalam tubuh.

 

Vitamin untuk kecerdasan

Bagian tubuh yang membutuhkan energi dalam jumlah besar adalah sel-sel otak. Beberapa vitamin penting yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi otak, terutama yang berkaitan dengan memori dan daya ingat, adalah vitamin A, vitamin B komples (B1, B2, B12), vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E.

 

Penuhilah kebutuhan vitamin anak agar ia dapat bertumbuh kembang secara optimal.

Bunda SYaffa
Ternyata ada banyak kebutuhan vitamin untuk sikecil semoga aku bisa memenuhi semua
Sri Maryati
Vitamin dan mineral sangat penting buat pertumbuhan
Explore More

Film Langit Biru, Persembahan untuk Anak...

- 03 Nov 2011

Ajari Aturan Simple Agar Anak Mau...

Article- 06 Sep 2017

Duh, Anak Susah Untuk Minum Obat

Article- 01 Mar 2017