Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Ide Seru Belajar Sambil Bermain dengan Anak

Anak yang semakin besar, pintar dan kreatif kadang bisa membuat kita kewalahan ya, Mom. Untuk terus berupaya mendidik dan merangsang kecerdasan mereka, tentunya Mom perlu lebih banyak lagi ide-ide segar dan inovatif untuk membantu mereka. Coba simak beberapa ide menarik layak coba di bawah ini.

Featured Story

Kenali dan Cegah Penyakit ISPA Pada Anak Sekarang Juga!

 

Untuk anak usia pra sekolah:

 

1. Bercocok tanam menggunakan kerucut es krim

Es krim, terutama yang menggunakan kerucut, bisa jadi adalah hidangan favorit hampir semua anak. Nah, alih-alih mengisi kerucut dengan es krim, ajak anak untuk menanam berbagai macam benih tanaman di dalam kerucut kertas/plastik. Anak akan merasa tertarik dan tertantang untuk melakukannya bersama Mom. Setelahnya, gantung kerucut-kerucut yang sudah menjadi pot tadi di tempat yang terkena sinar matahari sekaligus mudah terlihat, sehingga anak bisa menyaksikan perkembangan tumbuhan yang sudah ditanamnya. 

 

2. Membuat rumah-rumahan dari kardus

Untuk anak, kardus-kardus besar adalah suatu mainan yang menjanjikan petualangan mengasyikkan. Alih-alih melarang mereka bermain menggunakan kardus dengan alasan akan membuat berantakan, sulap kardus-kardus besar itu menjadi rumah-rumahan. Satukan beberapa kardus besar menjadi bentuk rumah, lengkap dengan atap dan jendela, lalu buat bagian-bagian lebih kecil di dalamnya untuk ruangan dan perabotan. 

Jangan lupa mengajak si kecil untuk ‘mengecat’ rumahnya bersama Mom untuk hasil yang lebih menakjubkan. 

 

Untuk anak usia sekolah:


1. Belajar geografi dengan puzzle

Ajari anak letak pulau-pulau di Indonesia atau letak negara-negara dan benua di dunia dengan menggunakan puzzle yang Mom buat sendiri. Proses membuat puzzle-nya akan menjadi waktu yang menyenangkan. Pisahkan potongan-potongan puzzle berdasarkan provinsi-provinsi yang ada, sehingga anak bisa menghapalnya sambil mengerjakan puzzle warna-warni yang dia dan Mom kerjakan bersama. Lihat inspirasinya di sini, Mom: http://bit.ly/1C0jgN2

 

2. Bola boling pengurangan

Anak-anak biasanya menyukai permainan bowling. Mereka suka ketika melihat pin-pin-nya berjatuhan. Untuk acara belajar sambil bermain yang lebih sederhana, gunakan gelas-gelas plastik dan susun menyerupai pin boling (4 buah gelas, lalu 3 gelas di depan, 2 gelas di depannya lagi, dan terakhir 1 gelas) dan gunakan bola tenis sebagai bola boling. 

Minta anak membuat tabel pengurangan dari angka 10.

Cara bermainnya: ketika anak sudah menggulingkan gelas-gelas tadi menggunakan bola, minta dia mencatat jumlah gelas yang jatuh, namun harus mengingat sendiri jumlah gelas yang masih berdiri. Dengan cara ini, anak akan semakin mudah mempelajari proses pengurangan dengan cara yang menyenangkan.

Pua Herlina
anak saya sering menyusun puzzle
Mia Triana
main puzzle
Explore More

Keluarga, Pembentuk Pendidikan Informal...

Article- 26 Jul 2016

Agar Si Kecil Tetap Ceria Selama...

Tips & Trick- 23 Aug 2011

Dimulai Sejak Dini, Belajar Menulis Bisa...

Article- 11 Mar 2018