Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Beberapa Cara Memulai Kebiasaan Anak Membaca Dari Kecil

Membangun kebiasaan membaca pada anak sedari kecil, mampu mempercepat kemampuan anak untuk bicara dan memperkaya daya khayalnya. Mom bisa mencoba beberapa cara berikut ini :

Featured Story

Lindungi Keselamatan Anak di Luar Rumah dengan Tips Jitu Ini

 

1. Berikan contoh dengan sering membaca. Luangkan waktu 15 menit setiap hari untuk membaca koran atau majalah, agar anak juga termotivasi.

 

2. Bikin ritual membaca bersama

Tentukan waktu membaca bersama dan jadikan ini kegiatan rutin bersama, yang anak-anak tunggu. Misalnya sebelum tidur, semua anak-anak berkumpul di kamar mom atau kamar salah satu anak. Lalu setiap malam anak dan mom akan bergilir gantian membaca.

 

3. Jadikan buku sebagai hadiah

Setiap minggu, anak dapat membeli buku atau meminjam buku ke perpustakaan minimal 2 buku. 1 buku wajib dari mom dan 1 buku pilihan anak. Sehingga ketika waktunya pergi ke Mall, anak akan termotivasi untuk berkunjung ke toko buku untuk memilih buku favoritnya. Ketika anak teman mom ulang tahun, hadiahi buku sesuai umur anak. Tidak perlu buku yang mahal dan import, buku cerita berbahasa Indonesia dengan cerita menarik pun bisa dijadikan alternatif kado.

 

4. Membaca apa saja 

Disetiap penjuru rumah, jalan ataupun tempat yang mom dan anak kunjungi, ada tulisan. Buatlah sebuah permainan mencari kata. Misalnya "ayo cari tulisan Jl. Trunojoyo" dengan dikemas dalam sebuah permaianan, anak jadi terlatih untuk membaca kapan saja di mana saja.

 

5. Membaca sekaligus mengerti arti ceritanya

Sebuah cerita mempunyai alur cerita dan pesan tersembunyi yang hendak disampaikan oleh pengarang cerita. Bagi anak umur 5 tahun keatas, mom sudah mulai bisa bertanya kepada dia mengenai makna cerita. Sehingga diapun akan lebih terkesan dan menikmati asyiknya menyelam kedunia lain lewat sebuah buku.

Puji Suprihatin
alhamdulillah itu sdh kulakukan sedikit demi sedikit,ke2 anakku di umur 5th sdh bs baca buku majalah,koran....tx infonya mom
Stefani Arman
Good info yah Min :)
Explore More

Social Media Achievement Award untuk Ibu...

- 24 Nov 2011

Menumbuhkan Empati dan Toleransi Anak

Article- 16 Feb 2016

Kemampuan Anak Mengenali Emosi Orang Lain

- 26 Sep 2014