Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Berkebun, Cara Mudah Kenalkan Anak Pada Alam

Tidak hanya mengenalkan anak pada lingkungan sosial saja, tapi bawa juga ia lebih dekat dengan alam untuk menumbuhkan rasa cinta dan peduli. Mulailah dari langkah kecil di rumah sendiri, misalnya dengan mengajak anak berkebun. Selain mengasah kemampuan motoriknya, kegiatan ini juga meningkatkan kecintaan anak pada lingkungan hidup di sekitarnya. Ini dia beberapa tips yang dapat Mom gunakan saat berkebun bersama anak-anak.

Featured Story

Kebiasaan Baik Picu Sifat Penyayang pada Anak

  1. Berikan Kado Tanaman

     

    Hari ulang tahun anak sudah dekat. Jika biasanya ia mendapatkan hadiah berupa mainan, buku, peralatan sekolah atau uang, kini tidak ada salahnya memberikan tanaman sebagai kado istimewa. Pilih pohon berukuran kecil dan memiliki tampilan yang menarik minatnya. Kemas dalam pot kecil yang berwarna-warni atau hias sendiri wadah tanaman agar terlihat sangat personal.

    Mom dapat memilihkan tanaman yang dapat tumbuh dalam ruangan dan tidak membutuhkan banyak perawatan, seperti kaktus atau jenis succulent lainnya. Cara ini membuatnya lebih dekat dan mudah memperhatikan perkembangan tanaman miliknya.

  2. Mencari Bibit yang Mudah Tumbuh

     

    Anak-anak memang mudah sekali bosan dan kehilangan minat. Untuk menyiasatinya, pilih bibit tanaman yang mudah tumbuh dan tidak menuntut perawatan ekstra. Lili paris atau Chlorophytum merupakan tanaman hias yang cukup populer karena penampilannya yang cantik dan relatif cepat tumbuh.

    Selain itu, Mom juga bisa memberikan bibit sayuran yang dapat dipanen dalam hitungan hari. Mulai dari bayam, kangkung, hingga sawi yang dapat dimanfaatkan untuk diolah sebagai menu makanan sehari-hari. Berkebun jadi makin happy dan berkesan, deh!

  3. Membiarkannya Bermain Kotor

     

    Jika biasanya Mom melarang anak untuk bermain kotor-kotoran, berkebun bisa jadi aktifitas seru yang justru menuntun tubuh, terutama tangannya berlumur tanah maupun air. Berikan peralatan berkebun dalam ukuran kecil dan ringan, lalu libatkan ia untuk menggali lubang, mengisi bibit, menutupnya, dan menyiraminya.

    Untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya, jangan lupa untuk membiasakan anak mencuci tangan setelah berkebun. Berikan perhatian ekstra untuk membersihkan tangannya secara menyeluruh, hingga ke sela-sela kuku untuk mencegah masuknya telur cacing maupun kuman penyebab penyakit.

    Selain meningkatkan kepedulian anak pada lingkungan, berkebun juga bisa jadi pilihan aktifitas asyik dan bermanfaat untuk mengisi waktu luang. Yuk ajak anak berkebun di akhir pekan!

Mamanya Chrisna
makasih infonya
Yuliana Yoeli
makasih info nya
Explore More

Apakah Usia Balita Harus Masuk Sekolah?

Article- 26 May 2014

Kenali 10 Ciri Anak Cerdas

Article- 31 Oct 2016

Tahapan Mengajari Anak Berpuasa

Tips & Trick- 06 Sep 2017