Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Bikin Belajar Bersama Anak Kian Menyenangkan dengan Ragam Aktivitas di Rumah

Sekolah bukan satu-satunya tempat bagi anak-anak untuk belajar. Saat anak berada di rumah, orangtua menjadi guru pertama dan satu-satunya. Tapi kegiatan belajar tidak harus terasa seperti berada di kelas. Agar anak-anak bisa menikmati proses belajar dan bersemangat, gunakan cara-cara berikut ini yang membuat belajar jadi lebih menyenangkan. 

Featured Story

Pupuk Kemampuan Anak untuk Bertoleransi, Awali dari Kebiasaan di Rumah


1. Terlibat Langsung Bersama Si Kecil

Jangan hanya sekadar memberi petunjuk, tapi turun langsung untuk bermain dan belajar bersama si kecil. Fokus pada aktivitas yang menarik minat dan mengasah kreativitas anak sehingga membuat belajar terasa lebih menyenangkan. 

Tunjukkan jika Mom menikmati kegiatan bersama si kecil, mulai dari mewarnai bersama atau bermain balok warna-warni. Sambil bermain, sisipkan topik-topik belajar misalnya memilah warna, berhitung, maupun belajar menulis.


2. Biarkan Anak-Anak yang Memilih

Beri kesempatan bagi anak-anak untuk memilih topik favoritnya dan belajar lebih banyak. Fokus pada kegiatan yang disukainya, misalnya dinosaurus maka Mom bisa mengajaknya membaca buku untuk mengetahui fakta-fakta unik, bermain mencari telur dinosaurus, hingga menyusun fosil. 

Merasa memegang kendali, anak-anak jadi lebih bersemangat untuk belajar hal-hal baru yang berkaitan dengan tema yang diminatinya. Bukan hanya di rumah saja, lho, anak-anak juga bisa belajar di tempat lain seperti museum, kebun binatang, maupun perpustakaan.


3. Buat Berwarna-Warni

Biasanya, anak-anak akan tertarik mempelajari warna-warni sejak usia dini. Ada banyak hal yang bisa dipelajari di rumah, misalnya membuat kerajinan dari kertas warna-warni, melakukan eksperimen air, hingga bermain beras yang diberi pewarna makanan. 

Bisa juga menyediakan satu pak pom-pom bulat dengan aneka warna yang bisa dijadikan media belajar. Mulai dari mengidentifikasi warna, berhitung, menyortir, hingga mengembangkan keterampilan motorik halus maupun kasar.


4. Tunjukkan Rasa Senang

Hal-hal positif selama belajar di rumah akan terjadi jika Mom juga ikut menikmatinya. Anak-anaknya tentunya terdorong untuk mengenal hal-hal baru jika didampingi orangtua yang juga bersemangat dan menggugah rasa ingin tahunya. 

Hal ini akan menjadi dasar yang kuat untuk mendorongnya terus belajar. Awali dengan mewarnai buku khusus untuk orang dewasa saat duduk bersama si kecil yang juga melakukan hal yang sama, ikut bermain kostum, hingga membuat trek lintasan mobil bersama anak-anak.


5. Buat Permainan untuk Anak

Duduk diam dan mengerjakan soal yang ada di hadapannya tentu membuat anak mudah bosan dan semangatnya menurun. Coba ubah jadi permainan sederhana yang bukan hanya memberikan pengalaman yang menyenangkan, tapi juga membuat perbedaan besar pada proses belajarnya. 

Untuk anak-anak di usia prasekolah, mulailah dengan  permainan dasar yang membantunye belajar nama hewan, angka, warna, dan bentuk. Sesuaikan permainan untuk anak-anak usia sekolah, misalnya mengenalkannya pada bahasa asing, sejarah, matematika, hingga sains.


Apa yang Mom pilih untuk diajarkan pada anak hanya dibatasi oleh imajinasi. Yuk, bikin belajar di rumah makin menyenangkan!

Explore More

Social Media Achievement Award untuk Ibu...

- 24 Nov 2011

Membuat Anak Lebih 'Bersahabat...

Tips & Trick- 06 Sep 2017

Tips Melatih Anak Menginap

Tips & Trick- 18 Aug 2014