Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Liburan Ke Alam Mencerdaskan Anak

Slogan "back to nature" atau "go green" sering kita dengar di berbagai media. Hal ini bisa menjadi karena bumi semakin gersang dan perlunya kegiatan penghijauan serta kecintaan kita kepada alam. Mengapa tidak kita memulai sedari dini kepada anak-anak untuk mulai mencitai alam dengan berlibur sambil mengenal alam seperti:

Featured Story

Isi Puasa Anak dengan Aktivitas Seru Anti-Haus

 

1. Melihat Hewan

Jika di daerah kota Mom terdapat tempat penangkaran hewan seperti kura-kura, kucing, anjing atau bahkan buaya, kebun binatang, peternakan bisa menjadi lokasi tujuan wisata. Mengajak anak berwisata ke tempat ini bisa membuat anak mengetahui bagaimana cara binatang ini lahir dan merawat anaknya.

 

2 . Bersampan Ria

Begitu banyak tempat wisata yang menggunakan sampan sebagai daya tarik seperti Taman Buah Mekarsari, Waduk Jatiluhur atau Ancol untuk mengajak anak menaiki perahu. Sembari mendayung, mom bisa mengajarkan anak tentang kekayaan alam perairan, hewan yang hidup di air serta perbedaan air tawar dan air asin.

 

3. Pikinik di Taman

Sesekali kunjungi taman kota yang mempunyai halaman luas. Lebih bagus lagi jika terdapat konservatorium alam sehingga anak uga belajar tentang tanaman langka.

Sambil mengenal alam, anak pun bisa bermain lari-larian dan ditutup dengan piknik.

 

4. Pantai

Bermain pasir sambil mempelajari ekosistem pantai dan hewan yang berkembang biak di air asin menjadi kesenangan tersendiri. Mulai dari mengumpulkan kerang, bermain ombak hingga menikmati hidangan laut dipinggir pantai. Hmmmm yummi....

 

5. Mengunjungi Gedung bersejarah

Liburan ke kota tua atau gedung bersejarah juga bisa dibilang wisata alam. Dimana Mom bisa mengajari gaya hidup masyarakat pada era itu, kejadian bersejarah yang terjadi di gedung itu peninggalan apa saja yang perlu anak lestarikan dan warisi kepada anak cucu dia nanti.

 

6.  Berwisata ke Pelabuhan atau Teluk

Pelabuhan Sunda Kelapa, Tanjung Perak, Gilimanuk atau Bakauheni bisa jadi tempat yang menarik bagi anak. mereka bisa belajar mengenai kapal, penyebrangan antar pulau dengan menggunakan kapal hingga bagaimana nelayan menangkap ikan.  Selain pelabuhan, mom juga bisa mengajak anak berkunjung ke teluk dan melihat hutan bakau. Anak bisa belajar mengenai pentingnya tanaman bakau dan cara menanamnya.

 

Berlibur ke alam akan menghadirkan pengalaman tersendiri bagi anak dimana anak belajar secara langsung tentang alam dari apa yang dilihat serta disentuh sehingga rasa empati anak terhadap alam akan tumbuh.


Selamat berlibur Mom!

 

Puji Suprihatin
ya mom..anakku paling suka kl aku ajak ke alam lbh enjoy
Stefani Arman
Wahhh favorit anakku banget nih Min main2 dialam terbuka, dipantai atau di Taman Safari sama betahnya bisa2 lupa waktu deh ^^
Explore More

Bolehkah Sistem Kontrak Berhadiah?

Article- 17 Sep 2014

Cara orang tua dalam menghadapi remaja...

Tips & Trick- 30 Oct 2012

Jangan Larang Anak Berbicara dengan Orang...

Article- 16 Feb 2016