Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Makan Bersama, Besar Manfaatnya

Jam kerja yang panjang, jadwal aktivitas anak yang padat di luar rumah, ditambah dengan jalanan yang hampir selalu macet, membuat jadwal makan bersama keluarga menjadi sangat kurang. Kehidupan mungkin semakin sibuk, tapi pastikan Mom dan Dad tetap menyediakan waktu untuk makan bersama anak di rumah. Ini dia, 5 manfaat penting makan bersama.

Featured Story

Kesenangan Bermain Sesuai Usia Anak


Asupan nutrisi lebih terjaga

Survey membuktikan bahwa anak usia 9-14 tahun yang selalu makan bersama keluarga mengonsumsi sayur dan buah-buahan jauh lebih banyak dibandingkan dengan anak yang makan sendiri, juga lebih sedikit mengonsumsi soda dan makanan dengan gula buatan. Makanan mereka juga lebih kaya dengan mineral penting seperti: kalsium, zat besi, dan serat. Sebabnya, selain karena makanan rumahan cenderung lebih sehat, makan bersama keluarga membuat asupan anak lebih terpantau.

 

Saat tepat untuk mencoba makanan baru

Memberikan anak menu-menu baru, seperti berbagai sayuran yang belum pernah dicobanya, jauh lebih memungkinkan apabila dilakukan pada saat makan bersama. Memaksa anak makan sayuran yang belum dikenalnya tidak akan efektif tanpa pendampingan. Pada saat yang bersamaan Mom dan Dad bisa memberi contoh.

 

Anak merasa lebih nyaman

Penelitan psikologi menunjukkan bahwa anak yang secara teratur makan bersama keluarganya lebih kecil memiliki kemungkinan terkena depresi, kecenderungan bunuh diri, dan mengalami gangguan pola makan seperti anoreksia atau bulimia. Melalui suasana yang akrab di tengah keluarga, anak akan merasa lebih nyaman dan mau bercerita kepada orangtua tentang apa yang ia alami, sehingga masalah yang dihadapi anak bisa terdeteksi lebih cepat.

 

Anak  lebih pintar

Interaksi rutin bersama Mom dan Dad membuat kosa kata anak bertambah, sehingga pola pikirnya semakin berkembang. Anak juga menjadi lebih cepat tanggap akan kehidupan di sekitarnya dan apa yang terjadi di sekelilingnya.

 

Mengurangi stres

Bukan saja baik untuk anak, makan bersama juga baik Mom dan Dad. Setelah lelah di pekerjaan dan di perjalanan, duduk dan bersantai bersama keluarga saat makan malam akan menurunkan stress yang terasakan. Mom dan Dad juga memiliki tempat untuk berbincang, sehingga keesokan hari perasaan akan lebih segar dan nyaman.

 

Jadi Mom dan Dad, usahakan untuk lebih sering makan bersama keluarga, ya. Untuk menyiasati terbatasnya waktu, Mom bisa pilih satu waktu makan dalam sehari yang dijadikan waktu makan bersama, misalnya sarapan atau makan malam. Namun jika keluarga Mon dan Dad termasuk yang sibuk sehingga jarang ada di rumah, buatlah jadwal makan bersama yang disetujui dan harus dipatuhi semua anggota keluarga.

Sri Utami Saroh
menumbuhkan rasa kebersamaan dalam keluarga
Sri Utami Saroh
informasinya snagat bermanfaat
Explore More

Tips Menjaga Kesehatan Selama Berlibur

- 09 Jul 2013

6 Cara Menjaga Keakraban Keluarga

Article- 14 Jul 2015

Kurangi kata-kata negatif ketika melarang...

Article- 22 Nov 2011