Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Maksimalkan Waktu Bersama Anak

Mom, merasa tidak, jika sekarang ini dibutuhkan lebih banyak usaha dan kreativitas untuk menciptakan family time atau waktu kebersamaan keluarga. Mom and Dad sibuk dengan pekerjaan, anak-anak pun sibuk dengan berbagai kegiatan sekolah dan aneka les pendukungnya. Belum lagi, adanya gadget canggih yang membuat masing-masing anggota keluarga asyik dengan dirinya sendiri, walaupun sedang bersama-sama.

Featured Story

Ajarkan Anak Mau Berbagi Sejak Dini

 

Anak butuh dicintai

Kebersamaan keluarga sangat dibutuhkan anak sebagai dukungan agar ia mampu menjalani kehidupan sehari-harinya dengan baik. Anak yang memiliki bonding (kelekatan) dengan keluarganya akan merasa dicintai. Hal ini akan membuatnya lebih percaya diri dan mandiri menjalani hari-harinya. Karena, saat mengalami masalah di dalam kesehariannya, ia yakin ada orangtua, juga kakak atau adik, yang akan mendukung untuk mengatasinya.

Ciptakan rutinitas bersama

Sebagai langkah awal untuk memiliki kelekatan keluarga, mulailah menjadwalkan family time. Pada saat itu, berinteraksilah dengan pasangan dan anak.

Berikut beberapa kegiatan yang bisa Mom lakukan:

  1. Makan bersama
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kegiatan makan bersama bisa memperkuat komunikasi dalam keluarga. Bila Mom tidak dapat melakukannya setiap hari, jadwalkan acara makan bersama keluarga di setiap akhir minggu. Pada kesempatan ini, masing-masing anggota keluarga bisa saling menceritakan kegiatan yang berkesan di minggu lalu. Mom juga bisa memanfaatkan momen ini untuk membicarakan berbagai masalah yang mungkin dihadapi oleh masing-masing anggota keluarga dan mencari jalan keluarnya bersama-sama. Atau, merencanakan acara liburan keluarga? Pasti menyenangkan!

  2. Memanfaatkan waktu di dalam mobil
    Waktu yang Mom dan keluarga lewatkan di dalam mobil setiap hari bisa dimanfaatkan. Misalnya, waktu untuk menuju sekolah, menuju kantor, ataupun kembali dari sekolah atau dari kantor. Selama perjalanan, gunakan waktu ini untuk ngobrol bersama anak. Tanyakan, bagaimana suasana di sekolah hari ini, apa saja kegiatan yang dilakukannya, dan bagaimana perasaan hatinya. Sebaliknya, Mom juga bisa menceritakan yang Mom alami di tempat kerja.

  3. No gadget, please
    Saat ini gadget menjadi salah satu penghalang bagi keluarga untuk menikmati kebersamaan. Walaupun berada di ruang keluarga bersama-sama, masing-masing anggota keluarga cenderung tidak saling memperhatikan satu dengan lainnya, tidak berinteraksi. Dad, Mom dan anak masing-masing sibuk dengan gadget-nya. Bahkan, seringkali, berebut menggunakan gadget. Tentukan waktu kapan saja setiap anggota keluarga harus mematikan gadget dan menikmati kebersamaan keluarga.

  4. Lakukan tugas-tugas rumah tangga bersama
    Jadikan tugas bersih-bersih rumah atau merawat tanaman di halaman menjadi tugas sekeluarga. Jadwalkan agar penyelesaian masing-masing tugas itu oleh masing-masing anggota keluarga bisa saling bersamaan.

Ciptakan rutinitas penutup hari. Untuk meningkatkan kelekatan keluarga, ciptakan rutinitas penutup hari. Misalnya, berdoa bersama sebelum pergi tidur di malam hari.

Rutin menciptakan waktu kebersamaan dengan keluarga mungkin tidak mudah. Karenanya, sisihkan waktu 1-2 jam setiap hari untuk diri Mom sendiri. Ini akan membuat Mom memiliki energi kembali untuk melakukan tugas Mom sebagai orangtua dengan lebih baik.

Fitriamarieindarto Goodmorning
Setuju no gadget
Susi Erna Wati
Betul sekali mom, kebersamaan dengan anak itu penting
Explore More

Mengisi Liburan Dengan Berkemah

Article- 08 Jun 2015

Seni Bicara Dengan ABG

- 21 Sep 2012

Ibu Rumah Tangga Atau Wanita Karier Demi...

Article- 15 May 2013