Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

6 Cara Menjaga Keakraban Keluarga

Mom Mom dan Dad tentu ingin memiliki keluarga yang hangat dan akrab. Sayangnya, tidak gampang mewujudkannya jika tidak dilandasi kemauan bersama. Padahal hubungan yang erat dan akrab antara anggota keluarga merupakan salah satu fondasi untuk mencapai hidup bahagia. 

Featured Story

Cepat Sembuh, Yaa

 

Agar suasana di dalam keluarga selalu seru dan asyik, sebagai srikandi keluarga, Mom harus berperan untuk menyalakan kembali kehangatan keluarga. Cara-cara ini bisa mulai Mom terapkan agar hubungan keluarga selalu akrab bahkan saat dilanda masalah.

 

1. Jadwalkan makan bersama

Berkumpul di meja makan sambil menyantap makanan lezat buatan Mom tentu seru sekali. Masing-masing anggota keluarga bisa bertukar cerita tentang apa saja atau bahkan curhat. Tentu kedekatan seperti ini akan membuat suasana makin akrab. Diperlukan komitmen yang tinggi lho, untuk melakukannya, terutama jika Mom dan Dad bekerja. Jika tidak bisa setiap saat makan bersama, usahakan minimal seminggu tiga kali terutama saat akhir pekan. 

 

2. Bubuhkan pesan kasih sayang

Sah-sah saja jika ingin mengungkapkan kasih sayang. Mom bisa melakukannya dengan cara-cara kreatif.  Misalnya saja membubuhkan pesan singkat “I love you” di bekal anak atau catatan romantis untuk pasangan di dalam laptop atau kaca kamar mandi. Senyum kecil ketika mereka membacanya akan menghangatkan hati sepanjang hari.

 

3. Berkegiatan bersama

Jadikan akhir pekan lebih berkualitas dengan selalu membuat acara keluarga bersama. Tak perlu liburan ke luar kota atau shopping yang mungkin membutuhkan dana besar, cukup buatlah acara seru di rumah saja. Misalnya membuat kue bersama, memasak, memandikan binatang peliharaan dan membersihkan kandangnya, atau bikin acara  barbeque juga seru. Sesekali Mom bisa membuat acara spesial bertema seperti berburu harta karun. Pasti anak senang sekali!

 

4. Buatlah tradisi keluarga

Setiap keluarga butuh identitas tersendiri seperti memiliki tradisi yang unik. Misalnya setiap ada yang ulang tahun harus bisa makan malam bersama dan yang ulang tahun berhak menentukan dress code seru yang ia mau. Lalu akhiri dengan foto keluarga bersama. Kumpulkan foto-foto tersebut menjadi album foto. Kehangatan akan kembali terasa setiap kali membuka kembali album foto tersebut dan melihat foto-fotonya. 

 

5. Saling mendukung

Dukung setiap bakat dan kemampuan yang dimiliki anggota keluarga. Misalnya saja anak suka sekali balet, ikutkan anak dalam les balet dan ajak anggota keluarga inti hadir di setiap pertunjukannya. Melihat antusias semua anggota keluarga yang menontonnya tentu akan menyemangati anak ketika menari di panggung. Jangan lupa untuk membuat videonya agar bisa kembali ditonton bersama-sama di rumah. 

 

6. Hargai dan dengarkan pendapatnya

Setiap anggota keluarga mempunyai suara dan hak yang sama untuk didengarkan, termasuk anak kecil. Selalu libatkan anak di setiap masalah keluarga. Hal ini juga berguna untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan sifat mandirinya. Ia pun pasti makin bersemangat dan kreatif mengeluarkan ide-ide serunya. Semua ide harus dihargai sama, termasuk ide lucu dari anak. 

Sri Puji Rahmawati
keakraban anggota keluarga bisa membuat suasana menjadi seru dan asyik
Sri Puji Rahmawati
caranya perlu dicoba nih
Explore More

Liburan Sendiri Bikin Mandiri

Article- 08 Jun 2015

Duh, Anak Susah Untuk Minum Obat

Article- 01 Mar 2017

Demam, Si Alarm Tubuh

Article- 24 Mar 2015