Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Anak Cerdas Memerlukan Tantangan Agar Menjadi Kreatif

Kreativitas adalah aktivitas dari berpikir dimana anak memiliki ide yang unik atau original, bisa dielaborasi dan fleksibel. Misal, ketika anak diberikan sebuah kardus bekas, ia akan membuat sesuatu, misal mainan berbentuk mobil pemadam kebakaran dengan cara menghias kardus dengan cat air. Biasanya anak yang kreatif akan mempunyai banyak cara untuk mengaplikasikan idenya menjadi sesuatu yang positif dan bermanfaat. Ciri lain dari anak yang kreatif biasanya tidak takut ketika melakukan kesalahan. Tetapi anak akan berusaha berusaha lebih baik lagi dan mengambil resiko untuk bisa mendapatkan ide yang inovatif. Anak kreatif biasanya memiliki kemampuan lebih cepat untuk memahami sesuatu hal yang baru. Rasa percaya diri yang tinggi dimiliki oleh anak yang kreatif sehingga anak mampu memecahkan masalah dengan idenya sendiri.

Featured Story

Mom, Kenapa Aku Harus Belajar?

 

Anak yang kreatif membutuhkan tantangan dalam kesehariannya.

 

•    Anak yang cerdas jika sehari-hari hanya diberikan kegiatan yang monoton dan mainan yang membosankan tentu saja akan menghalangi kreativitasnya. Karena itu, Mom sebaiknya memberikan kesempatan, ruang gerak dan aktivitas yang memiliki tantangan bagi anak-anak.

 

•    Bermain dengan smartphone dan komputer tablet tidak disarankan jika Mom ingin memiliki anak cerdas dan kreatif. Sebab, anak akan terbiasa untuk tidak mengembangkan ide yang unik dan menghasilkan sesuatu yang berguna bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

 

•    Pola asuh orangtua yang terlalu protektif juga bisa menjadi penghambat menjadi anak yang cerdas dan kreatif. Jika anak terlalu sering dibatasi untuk melakukan sesuatu, membuat ia takut untuk berinovasi dengan hal-hal baru karena orangtua terlalu banyak melarang.

 

•    Saran untuk Mom yang ingin agar anak cerdas dan kreatif adalah dengan membebaskan anak berimajinasi lewat bermain yang tidak lekas membuat anak bosan. Menciptakan lingkungan yang kaya akan kreativitas bisa Mom lakukan dengan menyediakan alat-alat permainan yang bisa merangsang anak untuk berkreasi.

Stefani Arman
Good tips, akan saya coba :)
Vonny Kurniati
Wah jadi perlu sekali ya tantangan, biar anak makin kreatif^^
Explore More

“Kita Ngobrol, Yuk”

Article- 14 Jul 2015

Dengarkan Curhat Si Kecil

Article- 10 Jun 2016

Pentingnya Membacakan Cerita untuk si...

Article- 24 Nov 2011