Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Manfaat Membacakan Dongeng Sebelum Tidur

Mendongengkan cerita sebetulnya bukanlah hal yang sulit. Hanya saja, kini kebanyakan orangtua merasa kurang memiliki waktu untuk membacakannya kepada anak. Sayang sekali, ya, budaya mendongeng sudah semakin langka. Padahal, membacakan dongeng akan berefek positif bagi perkembangan keterampilan dan psikologis anak. Bila Mom melakukannya, berarti Mom adalah salah satu dari jutaan orangtua di dunia yang sukses melestarikan budaya mendongeng kepada anak.

Featured Story

Kapan Sebaiknya Anak Mulai Tidur di Kamar Sendiri?


Bagi Mom yang belum pernah membacakan dongeng pengantar tidur, coba, deh, luangkan waktu untuk membacakannya. Pasti anak Mom menyukainya. Karena umumnya dongeng tak hanya menghibur, tapi juga mengandung beragam kisah yang membawa pesan positif. Yuk, bangkitkan budaya mendongeng kepada anak sebelum tidur. Dari dongeng, banyak manfaat yang bisa diambil, antara lain:

 

  1. Membantu meningkatkan imajinasi anak
    Imajinasi adalah salah satu hal penting dalam perkembangan daya pikir anak. Imajinasi dapat membantu anak untuk berpikir lebih kreatif dalam melakukan kegiatannya, dan menjadikannya lebih terampil dalam berkomunikasi. Saat mendengarkan dongeng, anak Mom pasti akan membayangkan sedang berada dalam situasi cerita.

  2. Sarana menanamkan nilai moral kehidupan
    Penggambaran karakter para tokoh dalam dongeng, seperti baik hati, suka menolong, jujur, dan rendah hati akan membantu Mom untuk mengajarkan nilai-nilai moral kehidupan kepada anak. Untuk itu Mom harus pandai dalam memilih dongeng yang akan diceritakan kepadanya. Karena setiap cerita yang didengar akan tersimpan dalam memori jangka panjang anak. Berbekal cerita positif yang didengar dan diingatnya, anak akan mencoba mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata.

  3. Mendekatkan ikatan emosional anak dengan Mom
    Kesibukan yang padat kerap membuat Mom tidak bisa setiap saat bermain dengan anak. Untuk menjaga ikatan emosional dengannya, Mom perlu memiliki waktu berkualitas bersamanya, salah satunya melalui kegiatan mendongeng. Mendengarkan Mom mendongeng, secara emosional dapat membuat anak merasa disayangi dan diperhatikan.

  4. Meningkatkan minat baca anak
    Setelah mendengarkan dongeng yang dibacakan, anak akan tertarik dan merasa penasaran untuk lebih banyak mendengarkan dongeng. Ini merupakan kesempatan untuk meningkatan kemampuan dan minat baca anak. Sesekali ajarkan dan beri kesempatan kepada anak untuk mencoba membaca dongengnya sendiri.

  5. Mengoptimalkan kecerdasan
    Saat Mom membacakan dongeng, saraf-saraf otak anak Mom akan bekerja lebih aktif untuk menyimak, memahami, dan menyimpan segala informasi cerita. Stimulus ini sangat baik untuk mengoptimalkan kecerdasan anak sejak dini.
Yuliana Yoeli
makasih info nya
Explore More

Kalah Itu Hal Biasa, Nak!

Article- 08 Dec 2014

Menstimulasi Kecerdasan Emosional Anak

Article- 12 Feb 2014

Cara Membaca Peta dan GPS

Article- 22 Jul 2013