Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Mengapa Aku Tidak Boleh Menyontek, Mom?

Ketika belajar bersama, Syira umur 7 tahun bilang “aku takut Mom tidak bisa menghafal bahasa Mandarin yang akan diujikan besok.” Lalu Mom pun berusaha menyemangatinya dan minta Syira untuk tidak menyontek walau Syira tidak bisa. Hal ini pun juga sering disampaikan para guru ketika ujian akan dimulai “Ayo anak-anak, jangan nyontek ya”. Lalu dalam benak anak pun bertanya-tanya, kenapa aku tidak boleh menyontek?

Featured Story

Membangkitkan Semangat Anak Ketika Merasa Gagal

 

Sikap antisosial seperti menyontek, berbohong, dan mencuri sebenarnya dapat dihilangkan, karena pada kenyataannya sikap antisosial merupakan pembelajaran dan pembiasaan dari sebuah perilaku. Bagi seorang anak yang tidak ditanamkan moral sedari kecil bisa saja menganggap bahwa perilaku antisosial adalah perilaku yang wajar dan dapat diterima di masyarakat. 

 

Menyontek menjadi sebuah kebiasaan yang buruk tapi mewabah dan sering dilakukan anak-anak karena mereka takut mempunyai nilai jelek, lalu memberanikan diri untuk menyontek agar dapat nilai bagus. Teknologi juga memiliki peran dalam memudahkan anak untuk menyontek dengan memanfaatkan internet atau SMS, serta mundurnya nilai moral dalam diri anak.

 

Moral merupakan bagian yang sangat penting bagi kehidupan anak-anak. Ketika anak-anak tidak memiliki karakter yang bermoral, mereka akan tumbuh menjadi anak yang tertekan, gagal dalam mengikuti perkembangan, menjadi terganggu, serta gagal berperilaku sesuai dengan moral yang bisa terbawa hingga mereka dewasa. Ketika anak-anak mengembangkan kesadaran akan diri dan identitas, mereka juga mengembangkan pengertian akan moralitas. Perkembangan moralitas mempunyai peranan penting bagi kehidupan masa kini dan yang akan datang bagi seorang anak, kesadaran moral yang tinggi bisa meningkatkan kemampuan perilaku prososial pada anak, seperti dapat memikirkan perasaan orang lain, tidak menyontek dalam ujian, jujur dan dapat dipercaya, bijaksana dalam bertindak, cermat, dapat diandalkan, setia, dan memiliki sifat berhati-hati.

 

Lalu mengapa anak tidak boleh menyontek? Karena hasil karya sendiri, adalah hasil yang paling baik. Original dari hasil pemikiran sendiri, bukan menjiplak, menyontek atau meniru.

Yeni Setiyawati
Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat
Yeni Setiyawati
Setuju sekali dengan artikelnya
Explore More

Sebelum Anak Bermain Hujan

Article- 05 Oct 2016

Ubah Kelemahan Menjadi Kemenangan

Article- 13 Oct 2013

Vaksinasi Flu Untuk Anak, Perlukah?

Article- 05 Oct 2016