Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Menu Sehat bagi Anak yang Sedang Sakit

Mom tentunya selalu ingin anak tumbuh sehat dan aktif. Namun ada kalanya, terutama di musim pancaroba, anak-anak terserang penyakit seperti flu, batuk, atau demam.

Featured Story

Kesenangan Bermain Sesuai Usia Anak

 

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menghilangkan penyakitnya adalah dengan makan makanan yang kaya nutrisi. Beberapa menu berikut ini cocok diberikan kepada anak yang sedang sakit:

 

Radang Tenggorokan

Saat anak terkena radang tenggorokan, nafsu makannya biasanya menurun drastis karena sulit dan sakit saat menelan makanan. Berikan anak jenis makanan yang lunak sehingga mudah ditelan. Sebaiknya makanan tidak diolah dengan cara digoreng tapi direbus, dikukus, ditim, atau dipepes. Makanan yang digoreng bertekstur kasar dan keras sehingga dapat memperparah radang tenggorokan anak.

 

Diare

Diare dapat menyebabkan anak mengalami dehidrasi, karena itu berikan makanan yang kaya akan pektin (serat makanan larut, biasanya terdapat di buah-buahan) yang akan membantu tubuhnya menyerap air. Pektin banyak terdapat di buah berserat tinggi seperti apel, pisang, alpukat, papaya, dan jambu biji. Sedangkan di sayuran, pektin terdapat di wortel, kentang, ubi, dan kacang polong.

 

Demam Tifoid/Tipes

Penyakit ini merupakan infeksi bakteri yang menyerang usus halus, umumnya diderita oleh anak yang mulai jajan dan mengonsumsi makanan yang dibeli di luar rumah. Agar sistem pencernaan tidak bekerja terlalu keras, maka disarankan Mom memberi makanan yang bertekstur lembut dan rendah serat, berkalori tinggi, tidak bergas, dan tidak pedas/asam. Sayuran rendah serat di antaranya adalah kacang panjang, buncis, dan bayam.

 

Flu

Saat  anak  terserang flu, penting untuk memberinya makanan yang kaya protein untuk membantu perbaikan sel-sel tubuh yang rusak, juga tinggi vitamin C untuk meningkatkan sistem imun. Makanan yang hangat juga akan membantu melegakan napasnya. Karena itu, makanan jenis sup sangat cocok disajikan untuk anak yang sedang flu.

 

Sup Tahu Ayam

Bahan:
5 buah tahu putih, potong dadu.
100 gr ayam, potong dadu.
50 gr brokoli, potong kecil-kecil.
50 gr bihun, seduh air panas, tiriskan, potong.
750 gr air kaldu.
1½ sdt garam.
3 siung bawang putih, cincang.
½ buah bawang bombai, cincang.
½ sdt merica bubuk.
¼ sdt gula.
Minyak goreng secukupnya untuk menumis.

Cara Membuat:

1. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukkan air kaldu, didihkan.

2. Masukkan brokoli, tahu, ayam, garam, gula, dan merica bubuk, aduk rata. Tambahkan bihun, masak sebentar hingga matang, sajikan.

 

Makanan-makanan di atas dapat membantu anak meningkatkan kekebalan tubuhnya karena kaya vitamin dan mineral, sehingga anak bisa cepat sembuh. Namun, untuk membantu mengatasi penyakit yang menyerang anak, berikan dia obat yang sesuai.

 

Saat anak terkena batuk dan gejala flu lainnya, berikan OBH Combi Anak Batuk plus Flu. Formulanya berfungsi membantu mengeluarkan dahak, meredakan batuk, menurunkan panas, juga melegakan saluran pernapasan dan hidung tersumbat. Semoga lekas sembuh!

Sri Utami Saroh
menu sehat snagat dibutuhkan untuk masa pemulihan bagi anak sakit
Sri Utami Saroh
ijin share ya min
Explore More

Sopan Berpakaian Santun Dalam Perilaku

Article- 09 Jan 2015

Bagaimana Jika Balita Mom Hobi Memainkan...

Article- 04 Jun 2013

Berkebun, Cara Mudah Kenalkan Anak Pada...

Article- 22 Nov 2017