Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Mengajarkan Kemandirian Pada Anak

Mendidik anak untuk menjadi mandiri adalah tugas orangtua, dan setiap orangtua pasti menginginkan agar anaknya menjadi mandiri. Sifat mandiri pada anak dapat ditanamkan sejak dini, dimulai dari membiarkan anak untuk dapat mengerjakan hal-hal mudah tanpa bantuan orangtua atau orang dewasa lain seperti:

Featured Story

Jenis Permainan Yang Dapat Meningkatkan Kreativitas Anak

 

1. Membiarkan anak untuk membuat keputusan sendiri

Anak akan merasakan kemandirian dan menjadi lebih dewaasa jika kita berikan kebebasan untuk membuat keputusan. Misalnya, keputusan untuk memilih pakaian apa yang akan digunakan untuk akhir minggu, atau berlibur kemana selama akhir minggu.

 

2. Tidak memaksakan kehendak

Semua yang orangtua lakukan untuk melatih kemandirian anak memerlukan waktu dan proses, hal itu dapat berkembang secara perlahan sehingga  jangan memaksakan si anak untuk mengerjakan segala hal yang diajarkan pada saat itu juga. Misalnya mengajarkan memasang tali sepatu sendiri.

 

3. Jangan takut gagal

Mengalami kegagalan membantu anak menjadi individu yang lebih independen dan lebih kuat, seperti kata pepatah mengatakan bahwa kegagalan adalah guru yang terbaik. Beritahukan kepada anak kita bahwa semua orang pernah membuat kesalahan, dan hal yang dilakukan adalah merupakan usaha yang penting.

 

4. Memberikan anak waktu untuk mereka sendiri

Membiarkan anak-anak untuk melakukan hal-hal yang ingin mereka lakukan sendiri, namun kita tetap memberikan bantuan jika mereka membutuhkannya.

 

5. Mendorong anak untuk berani mengeluarkan pendapatnya

Pendapat anak mungkin berbeda dengan pendapat orangtua, tetapi sangat penting untuk menanyakan pendapat mereka tentang suatu hal, hal ini dapat membuat anak menjadi lebih percaya diri dan belajar komunikasi yang baik.

 

Sebagai orangtua sudah seharusnya kita lebih bersabar dalam mengajarkan anak kemandirian, dan jangan lupa Mom selalu berikan pujian untuk usaha anak menjadi mandiri, tidak perduli bagaimana hasilnya nanti.

Vonny Kurniati
Terima kasih utk tips2nya yaa^^
Suni Maryanti
terima kasih infonya
Explore More

Bentuk Apresiasi Sesuai Umur Anak

Article- 02 Sep 2014

Yuk Libatkan Si Kecil Dalam Bersih-Bersih...

Article- 23 Nov 2017

Permainan Balok Susun untuk Anak Usia 4...

Article- 07 May 2014