Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Kebutuhan utama untuk mengembangkan kreativitas dan kecerdasan pada anak

Orangtua yang cerdas akan memiliki anak yang cerdas pula jika faktor lingkungan mendukung pengembangan kecerdasannya sejak di dalam kandungan, masa bayi dan balita. Walaupun kedua orangtuanya cerdas tetapi jika lingkungan tidak menyediakan kebutuhan pokok untuk mengembangkan kecerdasannya maka poetnsi kecerdasan anak tidak akan berkembang optimal. Sedangkan orangtua yang kebetulan tidak berkesempatan mengikuti pendidikan tinggi (belum tentu mereka tidak cerdas, mungkin belum ada kesempatan atau hambatan ekonomi) bisa memiliki anak cerdas jika dicukupi kebutuhan untuk pengembangan kecerdasanan sejak di dalam kandungan sampai usia sekolah dan remaja.

Featured Story

Siap dan Lengkap

 

Dari pemaparan diatas, Mom dapat melihat ada beberapa faktor yang berperan dalam perkembangan kecerdasan dan kreativitas seseorang.  Dari hasil penelitian, ada 3 kebutuhan pokok untuk mengembangkan kecerdasan  dan kreativitas antara lain:

 

1.    Kebutuhkan Fisik biologi (terutama untuk pertumbuhan otak, system sensorik dan motoric)

Kebutuhan ini terkait dengan gizi yang di terima oleh anak saat di dalam kandungan hingga dia remaja untuk perkembangan otaknya, menghindari anak dari berbagai bentuk penyakit yang dapat menghambat perkembangan kecerdasannya dan keterampilan fisik untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

 

2.    Emosi – kasih sayang (mempengaruhi kecerdasan emosi  inter dan intrapersonal)

Kebutuhan ini terkait dengan kebutuhan-kebutuhan yang sifatnya intangible (tidak terlihat) seperti pemberian kasih sayang, perhatian, menghargai  sehingga anak merasa aman, nyaman dan dihargai. Perasaan-perasaan tersebut akan membantu menumbuhkan rasa percaya diri bagi buah hati kita.

 

3.    Stimulasi

Kebutuhan ini terkait dengan pemberian rangsangan terhadap sensorik motoriknya yang berkesinambungan selama masa pertumbuhan anak, sehingga dapat melatih dan meningkatkan kemampuan sensorik motoriknya.

 

Tiga kebutuhan pokok tersebut harus diberikan secara bersamaan dan berkesinambunan sejak anak masih didalam kandungan hingga remaja nanti.  Dengan terpenuhinya kebutuhan pokok tersebut, Mom sebagai orangtua sudah memberikan modal dasar yang utama bagi perkembangan kecerdasan dan kreativitas anak.

Stefani Arman
Setujuuuuu :)
Vonny Kurniati
terima kasih banyak infonya^^
Explore More

Jangan Lupakan Buah dalam Kotak Bekal Anak

Article- 31 Mar 2017

Kreativitas Tumbuh dari Keterbatasan

Article- 28 May 2014

Beberapa Situs Pencari Tiket Pesawat...

Article- 22 Jul 2013