Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Peran Orangtua dan Guru dalam mengembangkan Kreativitas dan Kecerdasan pada Anak

Sebagai orangtua kita menyadari pentingnya peranan orangtua dan guru bagi perkembangan kreativitas dan kecerdasan anak. Oleh karenanya sangat dianjurkan kepada Mom dan guru sebagai pengganti figure “orangtua” dilingkungan sekolah untuk secara teratur meluangkan waktu maupun kesempatan kepada anak-anak agar dapat mengembangkan potensi mereka sesuai dengan kreativitas dan kecerdasan masing-masing anak.

Featured Story

Penyebab Prestasi Anak Menurun

 

Disamping itu, kita juga sudah tahu bahwa anak kita memiliki rasa keingintahuan yang besar, sehingga segala bentuk aktivitas yang menyenangkan dan bermanfaat bagi anak dapat merangsang perkembangan logika dan kreativitas pada anak.

 

Kegiatan sederhana  untuk mengembangkan kreativitas dan kecerdasan yang dapat dilakukan di rumah dan sekolah, antara lain :

 

1.    Mendongeng

Melalui kegiatan mendongeng yang dilakukan Mom di rumah dan guru di sekolah, anak dapat diajak untuk memperkaya imajinasinya, misalnya membayangkan singa si raja hutan yang memiliki jiwa pemimpin, peri  cantik dengan sayap indahnya atau tokoh super hero Gatot Kaca yang sakti dan gagah. Mendongeng juga dapat menciptakan komunikasi dua arah yang sehat dimana anak mengemukakan gagasan, atau pendapatnya dalam memecahkan masalah. Sehingga dari kegiatan ini akan lahir ide-ide orisinil dari anak dalam suasan yang hangat.

 

2.    Melukis bebas

Kegiatan melukis bebas baik dengan pensil warna, crayon, spidol merupakan salah satu media untuk mengungkapkan ide-idenya dengan kaya dengan cara menyenangkan.  Mom dan guru dapat menyediakan kertas-kertas, alat tulis/gambar dan ruang untuk mengekspresikan dengan bebas melukis apa yang anak sukai bersama orangtua dan guru.

 

3.    Mengobservasi dan menjajaki lingkungan

Anak dapat diajak untuk bersama orangtua ataupun guru untuk mengenal lingkungan sekeliling seperti melihat langit biru yang luas, memperhatikan aneka tanaman bunga di taman, memperhatikan gerakan ikan-ikan di akuarium atau kolam, atau mengenal aneka macam suara-suara alam dan binatang. Dengan demikian secara alami anak akan melihat berbagai alternatif yang kaya dari alam sekelilingnya, hal ini amat penting bagi pengembangan kreativitasnya.

Stefani Arman
Anakku suka sekali observasi, dia suka jika langsung belajar atau praktek atas suatu teori, semoga saya selalu bisa mengarahkannya, trims infonya IbudanAku :)
Vonny Kurniati
Betul banget ya, peran orang tua dan guru penting sekali utk mendukung kreatifitas anak^^
Explore More

Duh, Anakku Susah Minum Obat!

Article- 06 Sep 2017

Ide Kreasi Bekal Sekolah

Article- 31 Mar 2017

Mom dan Dad Ikutan Bermain Ya, Nak!

Article- 13 Apr 2015