Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Bisakah Anak Berumur 2 Tahun Belajar Mandiri?

Melatih kemandirian sejak dini merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan orangtua. Tidak hanya membentuk karakter pribadi yang bertanggung jawab dan tidak manja, tapi juga nantinya berpengaruh terhadap caranya masuk ke dalam lingkungan sosial.

Featured Story

Belajar Sains Seru dan Asyik Tidak Harus di Sekolah

Menurut Devi Delia, M.Psi., psikolog anak dari Rumah Sakit RK. Charitas, Palembang menyarankan kemandirian dapat dilatih sejak kecil, yaitu mulai usia 2 tahun. Apa saja ya yang bisa diajarkan pada anak?

  1. Membantu Membersihkan Rumah
  2. Secara alami, anak-anak suka membantu dan menikmati menyelesaikan tugas dengan kemampuannya sendiri. Mom dapat mengarahkan waktu dan tenaga anak dengan memberikan beberapa pekerjaan rumah tangga, yang tentunya disesuaikan dengan kemampuan anak.

    Berikan kesempatan anak untuk membantu membereskan meja setelah makan. Selain meletakkan alat makan yang tidak mudah pecah ke tempat cuci, Mom dapat meminta mereka untuk menyeka meja. Sebelumnya, jelaskan pentingnya membersihkan area makan setelah digunakan agar tidak tampak berantakan, mengundang datangnya serangga maupun binatang lainnya, dan menjaga kebersihannya.

    Tugas lainnya yang bisa diberikan adalah membuang sampah kering, meletakkan pakaian kotor di tempatnya, membantu Mom mengangkat pakaian yang dijemur, hingga melipat handuk atau saputangan berukuran kecil. Jangan lupa ucapkan terima kasih walau usahanya tidak sesempurna yang Mom minta.

  3. Membereskan Mainan
  4. Capek juga membereskan mainan anak-anak yang tersebar hingga ke sudut ruangan. Kenapa tidak meminta anak untuk mengembalikan mainan yang sudah selesai dimainkannya? Sediakan wadah untuk meletakkan mainan-mainan tersebut, lalu ingatkan anak untuk meletakkan boneka, mobil-mobilan hingga bola ke tempat yang sudah ada.

    Agar anak jadi bersemangat membantu Mom, jadikan kegiatan bersih-bersih ini sebagai permainan. Coba bermain siapa yang paling cepat membereskan mainan atau gunakan timer untuk menentukan berapa lama waktu yang digunakan untuk menjadikan kamar kembali rapi. Setelah itu, jangan lupa ucapkan terima kasih dan pujian untuk bantuan yang diberikannya.

  5. Menata Tempat Tidur
  6. Melatih kemandirian dapat dimulai dari hal-hal kecil di pagi hari. Biasakan anak untuk menata kembali tempat tidurnya agar menjadi rapi, seperti membereskan sprei, menata bantal dan guling, hingga melipat selimut. Cukup dampingi anak saat melakukannya dan hanya berikan bantuan jika ia sedang dalam kesulitan. Agar tidak terasa berat, lakukan sambil bernyanyi atau menceritakan manfaatnya membereskan tempat tidur dengan cerita lucu atau bahasa yang gampang dicerna.

    Memupuk kemandirian dapat dilakukan sejak anak berumur 2 tahun, lho Mom. Tidak harus rumit, cukup libatkan anak untuk membantu menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah tangga ini, sekaligus untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab.

Yuliana Yoeli
makasih info nya
anita fajarwati
Kemandirian memang harus dikenalkan sejak kecil agar terbiasa
Explore More

Melindungi Anak Agar Tak Mudah Sakit

Article- 20 Oct 2015

Ketika Anak Malas Bangun Pagi

Article- 10 Jun 2016

'Bumi Perkemahan' di Dalam Rumah

Tips & Trick- 23 Nov 2015