Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Kreativitas dan Kecerdasan Pada Anak

Pemahaman kreativitas yang popular antara lain proses untuk menghasilkan yang baru, apakah itu berupa gagasan atau benda dalam bentuk atau rangkaian yang menghasilkan. Ada juga yang mengartikan  kreativitas adalah imajinasi dan fantasi yang merupakan bentuk permainan mental menuju suatu hasil yang orisinil.

Featured Story

Mom, Kenapa Aku Harus Belajar?

 

Sedangkan pemahaman kreativitas secara psikologis adalah kemampuan seseorang untuk menghasilkan komposisi, produk, atau gagasan apa saja yang pada dasarnya baru, dan sebelumnya tidak dikenal pembuatnya. Dapat berupa kegiatan yang imajinatif atau sintesis pemikiran, mencakup pembentukan pola baru dan gabungan informasi yang diperoleh dari pengalaman sebelumnya, mempunyai maksud atau tujuan yang ditentukan, bukan fantasi semata, dapat berbentuk produk seni, kesusasteraan, produk ilmiah atau mungkin bersifat prosedural atau metodelogis.

 

Kreativitas dan kecerdasan tidak hanya bergantung pada faktor genetic (bawaan) tetapi juga dari lingkungannya, sehingga Mom memiliki peran untuk mengembangkan kreatifitas dan kecerdasan buah hati. Selain itu ada juga faktor pendukung yaitu: 

 

1. Dorongan

Sedari dini anak harus selalu mendapat dorongan positif untuk kreatif dan bebas dalam mengemukakan ide/gagasan/pendapat yang juga sejalan dengan perkembangan kecerdasasannya.

 

2. Sarana

Sebagai orangtua, sebaiknya kita menyediakan sarana untuk merangsang anak melakukan eksperimen dan eksplorasi yang merupakan unsur penting dalam kreativitas dan kecerdasan.

 

3. Lingkungan yang merangsang kreativitas dan kecerdasan

Ajak anggota keluarga dan lingkungan dekat anak untuk membimbing dan membiasakan menggunakan sarana yang ada untuk mendorong perkembangan kreativitas dan kecerdasannya.

 

4. Kesempatan dan waktu

Beri kesempatan kepada anak untuk memperoleh pengetahuan agar dapat berkembang pikiran yang positif dan waktu untuk mengembangkan ide/gagasan/ pendapat/kreasi  anak.

Stefani Arman
Good tips, semoga saya bisa menerapkannya kepada si kecil :)
Vonny Kurniati
Terima kasih tipsnya^^
Explore More

Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan...

Article- 07 May 2014

Dengarkan Curhat Anak

Article- 06 Jan 2017

Tips Menata Perpustakaan Mungil Di Rumah

Article- 07 Nov 2013