Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Tips Mudah dan Murah Kelola Stres yang Menyerang

Hidup itu memang penuh tekanan. Jadwal yang padat dan serba cepat tidak hanya membuat Mom merasa stres, tapi juga berpengaruh buruk bagi anak-anak. Jangan sampai hal ini mengganggu kesehatan mental dan fisik, apalagi sampai melemahkan hubungan keluarga. Yuk, temukan beberapa cara untuk mengatasi stres yang dapat dilakukan Mom bersama anak-anak. 

Featured Story

Pentingnya Ekspresi Rasa Sayang

  1. Ciptakan Lingkungan yang Sehat

    Kondisi rumah yang kotor dan berantakan membuat siapa saja yang ada di dalamnya merasa kurang betah dan  rentan stres. Yuk, lakukan perubahan dengan menciptakan lingkungan yang sehat. 

    Ajak anak-anak untuk membantu membersihkan rumah, dengan memberikan kegiatan yang sesuai kemampuannya. Mulai dari membereskan mainan dan bukunya, mengelap permukaan perabotan, hingga membantu membersihkan taman. Selain bikin lingkungan rumah lebih tertata, aktivitas yang dilakukan bersama-sama juga meningkatkan bonding antara Mom dan anak.

  2. Makan Malam Bersama

    Makan malam dianggap sebagai salah satu momen terpenting dalam kehidupan keluarga. Menurut penelitian yang dimuat dalam jurnal Pediatrics, anak-anak yang makan bersama keluarga minimal tiga kali seminggu memiliki kemungkinan 24 persen lebih besar untuk memiliki pola makan sehat. 

    Bukan hanya anak-anak saja yang mendapat manfaatnya, tapi juga Mom. Terbukti dari penelitian yang dilakukan oleh Brigham Young University, jika makan malam bersama keluarga tidak hanya membuat Mom lebih sehat, tapi juga mengurangi stres. Sediakan makanan favorit keluarga dan lakukan obrolan ringan yang bikin momen makan malam terasa menyenangkan.

  3. Hang Out Bersama Keluarga

    Tidak perlu merencanakan perjalanan yang mahal ke taman hiburan atau akhir pekan di tempat yang wah. Sisihkan waktu khusus untuk dihabiskan bersama keluarga untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan. Tidak harus mengeluarkan biaya besar, kok, Mom bisa mengusulkan untuk bermain board games, berjalan-jalan, atau sekadar menonton film bersama-sama di rumah.

    Temukan Hobi Seru

    Jadwal yang padat membuat Mom dan anak seringkali lupa betapa asyiknya mempunyai hobi. Mumpung punya waktu luang, isi dengan kegiatan yang seru dilakukan bersama-sama. Mulai dari membuat kue, melukis, berkebun, atau sekadar mendengarkan musik. Bukan hanya mengurangi stres, aktivitas ini juga menjaga komunikasi antara Mom dan anak-anak.

  4. Yuk, Olahraga!

    Olahraga merupakan salah satu penghilang stres yang paling efektif. Cukup dilakukan selama minimal 15 menit, tubuh akan mengeluarkan hormon yang memicu happy, menghilangkan cemas, dan mengusir frustasi. 

    Bagi anak-anak, melakukan aktivitas fisik merupakan cara alaminya untuk membantu mengendalikan tekanan yang dihadapi sepanjang hari. Temukan olahraga seru yang bisa dilakukan bersama-sama, seperti berenang, bermain frisbee di taman, bersepeda mengelilingi lingkungan rumah, hingga menari dengan iringan musik di rumah.

    Jangan biarkan stres menumpuk, segera atasi dengan tips mudah dan murah ini. Selamat mencoba!

Explore More

Manfaat Membacakan Cerita Kepada Anak

Article- 31 Oct 2016

Dengarkan Curhat Si Kecil

Article- 10 Jun 2016

Tak Bosan ke Mal

Article- 16 Dec 2015