Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Bikin Tubuh Sehat dan Dompet Tetap Aman dengan Olahraga Kekinian

Sudah menjadi bagian dari gaya hidup sehat, olahraga bukan hanya memberikan manfaat bagi individu tapi juga seluruh keluarga. Selain memperlancar komunikasi dan hubungan kekeluargaan, juga mengurangi risiko penyakit dan membantu mengendalikan berat badan. 

Featured Story

Apa Saja Isi Kotak P3K?

Tapi sifat anak yang cenderung bosan membuat mereka terkadang malas menerima ajakan orangtuanya untuk berolahraga. Kenapa tidak mencoba mengenalkan aktivitas fisik yang kekinian, tapi masih dapat dilakukan oleh anak-anak, seperti berikut ini.

  1. Plank

    Menggunakan tubuh sebagai beban saat melakukan plank dapat membantu Mom menjaga berat badan dan membentuk otot. Hal yang sama juga berlaku untuk anak-anak, seperti hasil penelitian yang disebutkan oleh Debi Pillarella, M.ED, dari American Council on Exercise. Anak-anak yang menjajal plank fisiknya jadi lebih kuat dan terhindar dari kelebihan berat badan. 

    Selain itu, aktivitas sederhana ini terbukti efektif menjaga kepadatan tulang dan risiko cederanya pun minim. Cobalah mengajak anak-anak melakukan plank dengan posisi mirip push up dan jaga tubuh tetap lurus selama 30 detik. Istirahat 1 menit lalu ulangi sekali lagi.

  2. Yoga

    Kini bermunculan kelas yoga yang tidak hanya dikhususkan untuk orang dewasa, tapi juga anak-anak. Walau terlihat sederhana, namun olahraga dari India ini punya banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak. Menurut Marlynn Wei, MD, JD untuk situs health.harvard.edu, yoga dapat meningkatkan keseimbangan, kekuatan, daya tahan tubuh, fokus, memori, bahkan mengurangi stres pada anak.

    Coba beberapa pose yoga bersama anak yang cukup mudah. Mulai dari triangle pose atau trikonasana hingga head stand yang dapat melatih keseimbangan dan membangun kepercayaan pada anak-anak.

  3. Zumba

    Mirip dengan yoga, kini juga tersedia kelas zumba yang menerima anak-anak. Selain memanfaatkan fasilitas kelas kebugaran, Mom juga bisa mengajak mereka berlatih sendiri di rumah.

    Caranya mudah, kok, cukup dengan mengikuti video-video yang memasang lagu-lagu rancak kesukaannya. Pilih yang iramanya tidak terlalu cepat, sehingga mereka dapat memetik manfaatnya, seperti meningkatkan koordinasi, memperbaiki mood, dan membuat tubuhnya terasa bugar.

  4. Lari atau Jogging

    Olahraga yang mudah dan murah ini memang tidak pernah ketinggalan zaman, apalagi kini sering digelar lomba lari di kota-kota besar. Bukan hanya dapat diikuti oleh orang dewasa saja, tapi ada juga lomba lari untuk anak-anak. 

    Selain diikutkan pada kompetisi lari, buat olahraga ini selalu terasa fun agar mereka tetap bersemangat melakukannya secara rutin. Mulai dari memilih rute yang bervariasi hingga menjadikannya sebagai sebuah permainan. Jika dilakukan secara rutin, maka anak-anak akan mendapatkan manfaatnya seperti daya tahan tubuh yang terjaga, tetap bugar, dan meningkatkan konsentrasi.

    Ada berbagai olahraga yang dipercaya membuat tubuh lebih sehat dan bugar sepanjang tahun. Mana yang jadi pilihan Mom dan keluarga?

Explore More

Tips: Mengajarkan Konsep Waktu Pada Si...

Tips & Trick- 30 Sep 2011

Perbedaan Perkembangan Emosi Anak Antara...

Article- 12 Feb 2014

Kapan Sebaiknya Orangtua Berganti Peran...

Article- 26 Feb 2014