Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Mengenali Bahasa Cinta Si Kecil

Setiap anak mempunyai ekspresi bahasa Cinta yang berbeda-beda. Bagaimana Mom sebagai orang tua mengetahui bahasa cinta si kecil? Ikuti tips berikut ini :

Featured Story

10 Hal yang Harus Dipersiapkan Menjelang Musim Hujan

1. Tipe Kata-kata pendukung :

Apabila si kecil terus-menerus meminta pendapat mom tentang segala hal seperti :

“Mama, aku cantik gak pake bando ini? Atau “Ayah, aku pintar ya sudah bisa pipis sendiri” dan terlihat jika Mom tidak mengeluarkan kata pendukung, si kecil terlihat kurang PD, maka bahasa cinta nya adalah kata-kata pendukung dan menjadi permintaan yang dominan.

2. Tipe Reward (Pemberian hadiah)

Jika si kecil sering meminta Mom untuk membelikan hadiah orang yang dia kagumi misalnya guru / kakak sepupunya, hal ini ini menunjukkan bahwa bahasa cinta utamanya adalah memberikan hadiah (reward) sebagaimana dia sangat senang jika si kecil menerima hadiah dari orang lain.

3. Tipe Waktu bersama :

Jika si kecil seringkali mengajak mom untuk bermain bersamanya, atau menemaninya bermain sepeda atau sering protes jika mom terlalu sering pergi atau terlalu memperhatikan adiknya dan hal ini sering sekali dia minta, secara konsisten maka bahasa cinta nya adalah Waktu Berkualitas Bersama

4. Tipe pelayanan :

Pada saat Mom atau Ayah mempunyai waktu kosong, coba ajukan pertanyaan kepada si kecil. Misalnya: “Sayang, besok kan hari sabtu dan ayah libur. Ayah bantuin kamu benerin ban sepeda kamu ya. Atau “Sayang, sore ini Mom tidak pergi. Nanti jahit rok kamu yang robek itu yuk ” . Jika si kecil terlihat semangat dan antusias, maka si kecil menyenangi bahasa cinta pelayanan

5. Tipe Fisik :

Saat menghabiskan waktu bersama si kecil, seperti menonton televisi bersama, cobalah untuk duduk berdekatan dan peluk dia atau sering bertanya, “Kakak, kamu lebih sering Mama peluk atau cium? “ Jika si kecil merespon dengan antusias maka bahasa cintanya adalah sentuhan fisik. Namun jika dia malah marah atau menjauh, maka Anda bisa mencari bentuk bahasa cinta yang lain.

Dalam mencari bahasa cinta yang cocok , mom bisa mengajukan 2 pilihan antara bentuk bahasa cinta, misalnya: Tipe waktu bersama dengan Tipe Pelayanan. Bentuk pertanyaan seperti ini : “Kakak, sore ini lebih seru kalo mama nemenin kakak main sepeda atau mama bantuin kamu pilih baju yang cocok untuk ke pesta ulang tahun besok” . Ajukan pertanyaan-pertanyaan gabungan seperti ini selama 2 hingga 4 minggu, dan amati. Dari pengamatan Mom, maka bisa terlihat mana bahasa Cinta si kecil. Selamat mencoba mom....

Mia Triana
makasih mom infonya sangat berguna,sepertinya anakq ada disalah satu tipe diatas.
Fah Farisqi
kaya'nya sikecil Tipe Waktu bersama mom, sikecil suka banget ditemenin bermain sepeda saat saya dirumah sepulang kerja, dia juga suka minta ditemenin main bola bersama ayah.
Explore More

Tips: Mengajarkan Konsep Waktu Pada Si...

Tips & Trick- 30 Sep 2011

Tiga Langkah Mudah Untuk Menghabiskan...

Tips & Trick- 20 Dec 2013

Hal-hal Seputar Seks Yang Perlu Diketahui...

Article- 07 Jun 2013