Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Cara Tepat Miliki Pola Makan Sehat dalam Bujet Ketat

Selain berolahraga, memiliki pola makan yang sehat dan seimbang juga berperan dalam menjaga kesehatan tubuh. Sayangnya, banyak orang mengaitkan makanan sehat dengan makanan kelas atas karena harganya yang cukup mahal. Ternyata, masih ada beberapa cara untuk menyediakan makanan sehat bagi keluarga tanpa mengeluarkan biaya selangit, seperti berikut ini.

Featured Story

Yuk, Hibur Anak Mom yang Sedang Sakit

  1. Membuat Perencanaan Terlebih Dahulu

    Perencanaan sangat penting dalam menjaga pola makan sehat. Gunakan satu hari dalam seminggu untuk merencanakan menu makan sehari-hari. Lanjutkan dengan membuat daftar belanja dari apa yang dibutuhkan. Selain membuat Mom lebih efisien dalam menyiapkan makanan sehat, cara ini juga mencegah Anda untuk membuang bahan makanan.

    Sebisa mungkin jangan menyimpang dari daftar yang sudah dibuat saat berbelanja, agar dapat menghemat anggaran. Selain itu, cobalah untuk tidak berbelanja saat lapar. Menurut situs healthline, hal ini membuat orang cenderung berbelanja lebih banyak makanan yang kurang sehat seperti makanan tinggi lemak dan gula.

  2. Memasak Sendiri di Rumah

    Memasak di rumah memang dianggap sebagai cara yang jauh lebih murah daripada makan di luar rumah pada menit-menit terakhir. Umumnya, Mom dapat menyajikan makanan untuk seluruh keluarga dengan harga yang sama seperti membeli makanan untuk satu atau dua orang di restoran.

    Ada juga beberapa orang yang lebih memilih untuk memasak dalam jumlah besar. Sisanya dapat digunakan kembali untuk makan siang, atau dibekukan dalam ukuran porsi tunggal untuk dinikmati di kemudian hari.

  3. Mengurangi Konsumsi Daging

    Daging sapi memang kaya akan nutrisi, seperti protein dan zat besi yang penting bagi kesehatan tubuh. Namun harganya bisa sangat mahal, apalagi yang berlabel rendah lemak atau organik. Mom bisa memanfaatkan potongan harga untuk membeli daging dalam ukuran besar, yang bisa diolah menjadi berbagai makanan yang berbeda.

    Cara lainnya, kurangi makan daging untuk menghemat uang, tapi cari sumber protein lainnya. Cobalah satu atau dua hari per minggu untuk menggunakan kacang polong, flaxseed, telur, atau kacang kalengan. Selain gizinya yang cukup tinggi, harganya pun murah dan mudah disiapkan.

  4. Membeli dalam Jumlah Besar

    Membeli beberapa makanan dalam jumlah besar bisa menghemat banyak uang. Biji-bijian seperti beras merah, quinoa, dan barley semuanya tersedia dalam jumlah besar dan dapat disimpan dalam waktu lama, selama diletakkan dalam wadah kedap udara. Hal ini juga berlaku untuk kacang-kacangan, dan buah kering yang relatif murah, serta bisa digunakan dalam berbagai hidangan sehat.

    Pola makan sehat tak harus menguras anggaran belanja, kok. Yuk, lakukan beberapa cara smart shopping ini ya, Mom.

Explore More

Tips Memberikan Apresiasi

Tips & Trick- 02 Sep 2014

Tips Membentuk Pribadi Anak Tangguh

Article- 30 Sep 2013

Maksimalkan Waktu Bersama Anak

Article- 06 Jan 2017