Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Makanan Sehat Tak Harus Mahal, Berikut Daftarnya!

Makanan yang dilabeli sehat maupun superfood biasanya identik dengan harga yang sangat mahal. Tidak heran jika Mom lebih banyak memilih makanan yang kurang bernutrisi atau junk food yang biayanya jauh lebih terjangkau. 

Featured Story

Bolehkah Anak Bermain Hujan?

Tapi, ada beberapa makanan sehat dan kaya nutrisi yang bisa dimasukkan ke dalam menu makan keluarga, tanpa melebihi anggaran belanja yang ada. Yuk, simak daftarnya berikut ini.

  1. Telur

    Daging ayam dan sapi yang menjadi sumber protein memang sering dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Sebagai alternatif yang lebih terjangkau, beli saja telur sebagai makanan serbaguna yang kaya akan nutrisi.

    Selain mudah didapat dan diolah menjadi berbagai sajian, menurut situs healthline, telur juga tinggi protein, vitamin D, kolin, vitamin B, dan selenium. Untuk pilihan yang lebih sehat, dapatkan telur ayam kampung atau organik yang harganya sedikit lebih mahal. Gunakan dalam membuat makanan bergizi untuk sarapan, makan siang, makan malam, hingga kudapan.

  2. Bayam

    Jangan remehkan sayuran berdaun hijau ini. Selain harganya yang sangat terjangkau, bayam juga kaya nutrisi yang baik bagi tubuh. Mulai dari vitamin K yang berperan penting dalam kesehatan tulang, mengurangi risiko penyakit jantung, dan kanker, hingga vitamin A, vitamin C hingga folat.

    Selain dalam keadaan segar, ada juga bayam beku yang dijual di supermarket khusus, sehingga dapat menghemat waktu persiapan memasak. Tambahkan ke dalam salad, sup, dicampurkan ke dalam smoothie, saus salad, hingga tumis untuk telur orak-arik yang lezat. Untuk anak-anak yang tergolong picky eater, bayam juga bisa disembunyikan dalam muffin atau brownies yang menarik.

  3. Pisang

    Punya harga murah dan tersedia dalam berbagai jenis, pisang mudah ditemukan di pasar tradisional hingga supermarket modern. Tidak heran jika buah yang satu ini sering disajikan di atas meja makan. Pisang yang kaya vitamin C, vitamin B6, kalium, juga tinggi serat yang dapat menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko diabetes.

    Mom bisa menyajikan pisang sebagai menu sarapan yang lezat, seperti smoothies atau sebagai topping oatmeal. Sedangkan untuk kudapan sehat dan lezat, bisa disantap langsung, diiris dan disantap dengan selai kacang, atau pendamping pancake maupun waffle yang lezat.

  4. Kacang-Kacangan

    Walau membutuhkan waktu yang lebih panjang untuk mengolahnya, kacang-kacangan bisa jadi pilihan makanan yang lezat dan sehat. Selain ramah anggaran, kacang-kacangan mengandung 15 gram protein dalam 172 gram per porsi penyajian, seperti yang dilansir dari situs healthline

    Bukan hanya menjadi sumber protein nabati yang baik, ada juga kandungan serat, folat, zat besi, dan magnesium. Kacang-kacangan bisa dimasukkan ke dalam hampir semua hidangan, seperti sup, salad, dan burrito.

    Makanan sehat tidak harus berharga mahal, yuk masukkan ke dalam pola makan keluarga sehari-hari.

Explore More

Tingkatkan Minat Anak Lewat...

Article- 13 Oct 2013

Bila Si Kecil Mengalami Luka, Apa yang...

Tips & Trick- 08 Dec 2015

Tips Mengasah Kecerdasan Emosional Anak

Tips & Trick- 12 Feb 2014