Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Manfaat Membacakan Cerita Kepada Anak

American Academy of Pediatrics merekomendasikan kepada orangtua agar membacakan buku kepada anak. Aktivitas bercerita yang dijadikan rutinitas, kelak akan menumbuhkan minat bacanya.

Featured Story

Karakter Istimewa Anak Bungsu

 

Selain minat baca, masih banyak, lho, manfaat lain yang anak Mom dapatkan bila Mom rutin membacakan cerita kepadanya, antara lain:

 

  1. Bisa menyampaikan nila-nilai positif secara efektif

     

    Banyak buku cerita anak bertemakan pesan moral yang bagus untuk perkembangan kepribadian anak. Misalnya, tema tentang berbagi, menyayangi orangtua, bersabar, rajin menabung, rajin membaca, dan sebagainya.

     

    Membacakan cerita membantu anak menyerap informasi yang Mom sampaikan secara efektif. Anak Mom jadi lebih mudah memahami pesan positif yang terkandung dalam cerita. Apalagi jika Mom membacakannya dengan intonasi yang jelas secara ramah sambil mengusapi kepalanya atau menunjukkan berbagai tanda kasih sayang kepadanya.

     

  2. Mengembangkan keterampilan bahasa, imajinasi, dan komunikasi

     

    Saat membacakan cerita, anak banyak belajar memahami kosakata, perbendaharaan bahasa, dan intonasi suara. Secara bertahap, anak Mom juga berupaya meningkatkan imajinasinya untuk menghubungkan peristiwa, gambar, dan berbagai objek lainnya dengan setiap kata yang Mom gunakan untuk mendeskripsikan cerita.

     

    Agar ia mudah memahami, bacakan dengan intonasi yang jelas, praktikan bagaimana cara menyebut suatu objek atau suara hewan. Lalu, berikan pertanyaan setiap satu paragraf supaya terjadi komunikasi. Dengan begitu, ketiga keterampilan ini bisa ia kembangkan secara optimal.

     

  3. Mengembangkan keterampilan motorik dan rasa senang dengan aktivitas membaca

     

    Saat ini sudah banyak buku bacaan anak yang di dalamnya memuat berbagai aktivitas edukatif. Ada yang dilengkapi dengan gambar dan warna yang menyala, juga ada yang dilengkapi dengan permainan (busy book). 

     

    Selain memberikan pengetahuan dan mengasah keterampilan, jenis buku anak seperti itu juga merupakan media stimulus yang baik bagi motorik halusnya. Aktivitas membaca sambil bermain adalah stimulus yang efektif untuk memupuk rasa cinta anak terhadap kegiatan membaca.

     

  4. Mengoptimalkan kecerdasan 

     

    Saat Mom membacakan cerita, saraf-saraf otak anak Mom akan bekerja lebih aktif untuk menyimak, memahami, dan menyimpan segala informasi cerita. Stimulus ini sangat baik untuk mengoptimalkan kecerdasan anak sejak dini.

     

  5. Sarana efektif untuk membujuk anak

     

    Membacakan cerita juga bisa jadi sarana yang efektif untuk membujuk anak. Misalnya, ketika hendak membujuk anak Mom untuk meminum obat agar batuk dan pileknya sembuh. 

     

    Selain melalui buku anak yang bertema tentang kesehatan, Mom juga bisa menjadikan kemasan obat batuk anak sebagai kontennya, contohnya melalui OBH Combi Anak. Deskripsikan tentang nikmatnya rasa apel, madu atau jeruk pada obat itu, lalu jadikan tokoh pada gambar sebagai objek cerita.

     

    Ceritakan bahwa sang tokoh pernah mengalami batuk dan pilek seperti yang anak Mom rasakan. Setelah minum obat dengan rasa yang nikmat dan segar, kini ia bisa kembali sehat dan ceria. Dia senang bisa bermain kembali bersama teman-temannya. 

     

    Umumnya, anak-anak mudah memahami sebuah situasi bila dijelaskan konsekuensinya. Dalam hal ini, anak Mom tahu bahwa dirinya bisa kembali sehat bila meminum obat. Sehingga bisa cepat bermain lagi dengan Mom dan teman-temannya.

Stefani Arman
iyaa anak2 ku juga suka banget kalau dibacakan cerita
Yuliana Chandra
Wah banyak manfaatnya ya
Explore More

Cuci Tangan Mencegah Penularan Penyakit

Article- 24 Mar 2015

Pola Asuh Bagi Anak Cerdas Istimewa

Article- 16 Mar 2015

Waspadai Penularan Batuk pada Anak

Article- 31 Mar 2017