Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Mari menabung sejak dini

“Bang bing bung yuk,, kita nabung. Tang ting tung yuk,, ayo nabung” sepenggal lagu yang sempat popular di jaman Mom kecil bisa mulai di tularkan ke si kecil lho mom.  Mulai mengajak si kecil untuk mulai menabung, menumbuhkan pandangan tentang keuangan, tanggung jawab serta berhitung.

Featured Story

Waspadai Efek Bahan Pembersih Kimia


Mulai saja dari hal sederhana mom. Misalnya dengan membelikan dia celengan yang bentuknya lucu-lucu. Untuk si kecil yang masih berusia 3 tahun berikan dia uang koin dan meningkat menjadi ribuan ketika dia semakin besar. Agar si kecil makin terpacu untuk makin giat menabung, jelaskan manfaat dari menabung. Misalnya ketika tabungan ini sudah penuh, maka si kecil bisa membeli mainan yang dia suka. Penanaman bahwa suatu barang yang dia mau ada harganya dan dia memberikan kontribusi terhadap barang tersebut dengan menabung, akan menumbuhkan rasa tanggung jawab untuk merawat mainan tersebut.


Menabung semenjak dini, juga mengajarkan si kecil untuk mengelola keuangan serta menentukan prioritas dalam kebutuhan serta mengontrol hawa nafsu dalam mengendalikan keinginan belanja. Coba saja Mom dan si kecil membuat list barang-barang apa yang si kecil inginkan. Hal ini bisa Mom mulai lakukan mulai dari si kecil umur 3 tahun dan Mom bersama si kecil bisa membahas list tersebut di lihat dari sisi kegunaan barang serta harganya. Dari pembicaraan ini, si kecil akan terbiasa untuk membuat skala prioritas dan belajar untuk mengontrol hawa nafsu, ego dan di harapkan dapat lebih mengendalikan diri.


Guru  yang paling baik bagi buah hati Mom adalah orang tua. Ketika mom memberikan contoh dengan mencemplungkan uang sisa belanja hari ini atau koin kembalian dari parkir ke celengan, maka dia akan tergerak untuk mulai mengikuti. Si kecil yang terbiasa melihat orang tuanya menabung dan berhemat dalam kehidupan sehari-hari, tentu akan lebih mudah menerima ketika diajarkan untuk menabung dan berhemat. Kuncinya lakukan hal ini sebagai kebiasaan sekeluarga dan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Selamat mencoba Moms ..


Diah Pramesti
makasih artikelnya...patut dicoba! :)
Mia Triana
anak q uda belajar menabung....
Explore More

Jangan Larang Anak Bicara dengan Orang...

Article- 22 Nov 2017

Kreativitas Tumbuh dari Keterbatasan

Article- 28 May 2014

Tips Agar Anak Berkebutuhan Khusus Jadi...

Article- 10 Nov 2017