Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Nutrisi Penting untuk Tumbuh Kembang Anak

Tumbuh kembang anak yang optimal salah satunya dipengaruhi oleh asupan gizi setiap harinya. Didapatkan dari asupan makanan dan minuman hariannya, ada beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan anak-anak seperti berikut ini.

Featured Story

Yuk, Latih Anak Memahami P3K Dasar Sejak Dini

  1. Protein

    Protein membantu tubuh membentuk sel, memecah makanan menjadi energi, melawan infeksi, dan melancarkan peredaran oksigen. Sajian tinggi protein dapat Mom siapkan untuk sarapan anak-anak untuk menjaga kebutuhan energinya dan membuatnya cepat kenyang, sehingga tidak tergoda melahap berbagai camilan junk food seperti snack, gorengan, kue, dan biskuit.

    Ada beberapa pilihan bahan makanan berprotein tinggi yang bisa Mom masukkan dalam pola makan sehari-hari. Mulai dari daging sapi, unggas, ikan, telur, kacang-kacangan, dan produk susu seperti keju dan yoghurt.

  2. Kalsium

    Kalsium sangat penting dalam membangun tulang dan gigi anak sehat. Selain itu, penting juga untuk pembekuan darah dan fungsi sarat, otot, dan jantung. Makanan olahan susu merupakan sumber kalsium terbaik, seperti yoghurt dan es krim. Bisa juga menambahkan kuning telur, brokoli, ayam, dan tahu ke dalam pola makan anak sehari-hari.

    Kebanyakan anak-anak membutuhkan tiga porsi makanan tinggi kalsium setiap harinya. Sajikan semangkuk sereal whole grain dengan susu dan buah segar untuk sarapan atau makanan ringan, buat smoothies dengan susu kedelai dan yoghurt, hingga menyajikan keju di dalam sandwich atau ke dalam telur orak-arik.

  3. Serat

    Serat lebih dari sekadar menjaga sistem pencernaan anak, tapi membiasakan mengkonsumsi makanan kaya serat dapat mengurangi kemungkinan mereka mengalami penyakit seperti jantung dan diabetes. Mom bisa menyajikan sayuran baik mentah maupun dimasak sebagai lauk atau makanan pembuka, seperti salad.

    Tukar roti, pasta, maupun serealia dengan pilihan whole grain yang lebih kaya serat, dan jika memungkinkan sertakan buah dan sayur setiap kali makan utama maupun sebagai kudapan. Tambahkan juga kacang-kacangan ke dalam sup untuk meningkatkan asupan magnesium dan serat.

  4. Zat Besi

    Banyak orangtua yang belum menganggap penting zat besi dalam pola makan anak. Jika sejak kecil anak mendapatkan asupan zat besi dari ASI atau susu formula, kini makanan tinggi nutrisi inilah yang mencukupi kebutuhan gizi hariannya. Dalam pola makan sehari-hari, tambahkan menu berbahan daging merah, hati, daging unggas, kerang, biji-bijian utuh, kacang polong, atau sereal yang difortifikasi. 

    Optimalkan tumbuh kembang anak dengan memenuhi kebutuhan nutrisi pentingnya.

Explore More

Asupan Nutrisi di Musim Penghujan

Article- 27 Nov 2015

Begini Cara Yang Benar Mengenalkan Uang...

Tips & Trick- 26 Jul 2016

Kapan Waktunya Berhenti Mandi Bersama...

Article- 04 Jun 2013