Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak Sejak Dini

Mom tentu pernah membaca berita mengenai pelecehan seksual kepada anak balita hingga usia sekolah dasar yang melanda di berbagai kota besar hingga pelosok daerah. Hal ini bisa disebabkan karena pendidikan seks sejak dini masih dinilai tabu oleh masyarakat Indonesia.

Featured Story

Penyebab Prestasi Anak Menurun

Padahal pendidikan seksual semenjak dini sangat penting untuk melindung anak dari pelecehan seksual mengingat anak usia 2 hingga 3 tahun sudah mengenal perbedaan gender dan sangat mudah tergoda oleh iming-iming hadiah.

 

Pelecehan seksual pada masa kecil membawa dampak traumatik yang mendalam ketika dewasa. Dan diusia dini, anak belum bisa mendeskripsikan secara detil apa yang mereka alami. Ada suatu kisah seorang anak laki-laki usia 4 tahun ketika dimandikan ibunya berkata “Mom, kenapa alat pipis ku tidak di sedot? Karena biasannya si mbak setelah menyabuni aku dia melakukan itu. Katanya biar makin bersih”. 

Mengajari anak mengenai konsep area pribadi serta menjaga privasi alat kelamin adalah penting dan cara pengajaran ini harus disampaikan sesuai umurannya dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh dia dan sering di ulangin oleh mom sehingga masuk ke otak dia. Ajari mereka konsep area pribadi, bahwa tidak boleh ada yang menyentuh area pribadinya bahkan mom dan dad harus permisi ketika membersihkan area pribadi seperti alat kelamin dan payudara untuk perempuan. Sehingga ketika dia melapor ada orang lain yang menyentuh area tersebut, dia sudah mengerti hal tersebut salah dan dia bisa membela dirinya.

 

Sering anak-anak lupa menggunakan handuk setelah mandi dan langsung kabur ke kamarnya atau berlama-lama telanjang di kamar tamu karena asik menonton tv. Segera tegor dia dan tutup area pribadinya, ingatkan bahwa hal tersebut tidak baik karena banyak orang yang melihat. Konsep “malu” sudah bisa mom terapkan, agar dia menyadari bahwa kelakuannya tersebut salah. Termasuk duduk ngangkang untuk anak perempuan ketika menggunakan rok atau duduk sembarangan ketika makan, sehingga celana dalamnya terlihat. Dengan kesadaran semenjak dini dari dirinya sendiri, diharapkan ketika terjadi pelecehan seksual di manapun, dia bisa melapor kepada orang dewasa di sekitar situ.

Maria Ulfa
betul banget
Maria Ulfa
se7
Explore More

Tips Tanamkan Rasa Nasionalisme pada Anak

Article- 10 Nov 2017

Serba Serbi Tes IQ

Article- 16 Mar 2015

Nyamuk Aedes Aegypti Juga Membawa...

Article- 05 Oct 2016