Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Tetap Aman dan Nyaman Saat Bersepeda, Kenalkan Rambu-Rambu Bersepeda pada Anak

Mom, jangan sampai kebiasaan bermain gadget membuat anak hanya duduk diam di rumah hingga berjam-jam. Selain dapat menghambat tumbuh kembangnya, ia juga jadi kurang bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Coba dorong untuk lebih banyak melakukan kegiatan di luar rumah, salah satunya bersepeda. Agar tetap aman dan nyaman selama mengendarai sepedanya, perkenalkan rambu-rambu ini sebelum turun ke jalan.

Featured Story

Aktivitas Seru di Dalam Ruangan

  1. Memakai Alat Pelindung

     

    Untuk memastikan keamanan anak saat bersepeda, ingatkan ia untuk memakai alat pelindung wajib, seperti helm. Pilih helm khusus bersepeda yang sesuai dengan ukuran kepalanya. Jangan sampai kebesaran dengan maksud dapat dipakai lebih lama. Selain membuatnya merasa kurang nyaman, risiko cederanya pun jauh lebih besar.

    Selain helm, Mom juga bisa memberikan pelindung lutut dan siku, untuk mengurangi risiko terluka saat jatuh, apalagi pada anak yang baru bisa bersepeda. Sama seperti helm, berikan pelindung yang ukurannya pas. Jika kebesaran atau sebaliknya kekecilan, dapat membuat anak merasa kurang nyaman dan malah meningkatkan risiko kecelakaan.

  2. Mengenakan Pakaian yang Nyaman

     

    Pakaian anak juga harus mendapatkan perhatian karena dapat berpengaruh pada kenyamanan dan keamanannya saat bersepeda. Ingatkan anak untuk tidak memakai baju yang terlalu ketat atau longgar, karena dapat mengurangi kelincahannya dalam mengendalikan sepedanya. 

    Pilihkan pakaian berbahan katun yang mudah menyerap keringat dan hindari yang memiliki aksesoris berat atau panjang, yang justru memicu kecelakaan, misalnya masuk dalam roda sepeda. Selain itu, jangan lupa berikan pengertian pada anak untuk menggunakan alas kaki saat bersepeda, untuk mengurangi risiko terluka.

  3. Kenalkan Peraturan Lalu Lintas

     

    Seringkali karena terlalu asyik bersepeda bersama teman-temannya, anak tidak mengindahkan peraturan lalu lintas. Ajarkan ia untuk menjadi pengguna jalan yang baik dan taat akan aturan, misalnya mengendarai sepeda di sisi yang tepat, tidak memacu sepeda terlalu kencang, menghormati orang lain. Ajarkan juga bagaimana cara untuk belok dan menyeberang jalan dengan benar, untuk menekan risiko kecelakaan.

  4. Pilih Waktu Bermain

     

    Berikan saran pada anak untuk memilih waktu bersepeda di pagi atau sore hari. Selain jalan yang tidak terlalu padat dengan kendaraan, suasananya pun lebih nyaman karena sinar matahari yang tidak terik. Selain itu, pastikan anak bermain di area yang aman, misalnya jauh dari keramaian kendaraan bermotor. Manfaatkan garasi, teras, halaman, atau taman di sekitar tempat tinggal untuk meminimalkan risiko kecelakaan.

    Jangan hanya mengenalkan asyiknya bersepeda pada anak, tapi jaga juga keamanan dan kenyamanannya untuk menjauhkannya dari cedera.

Mamanya Chrisna
thanks infonya
Mamanya Chrisna
thanks infonya
Explore More

Pentingnya Ekspresi Rasa Sayang

Article- 10 Jun 2016

Jaga Anak Sehat Agar Tetap Aktif Bermain

Article- 13 Apr 2015

Makannya Daging, Minum dan Dessert-nya...

Article- 27 Nov 2015