Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Trik Agar Anak Lebih Aktif dan Dinamis

Featured Story

Jenis Permainan Yang Dapat Meningkatkan Kreativitas Anak

Perkembangan teknologi, juga sayangnya kesibukan kita sebagai orangtua, membuat anak menjadi sangat akrab dengan berbagai perangkat teknologi, seperti tablet, smart phones, dan juga portable game console. Dari satu sisi, hal ini memang ada manfaatnya untuk anak Mom, karena merangsang kreativitas dan kemampuan berpikirnya. Namun, di sisi lain, gadget canggih ini juga membuat anak menjadi kurang aktif dan eksploratif. 

 

Coba terapkan tips dan trik ini agar anak Mom menjadi lebih aktif:

 

1. Luangkan waktu untuk mengajak anak bermain di luar ruangan. Bisa dari membiasakan diri untuk olahraga sore hari atau naik sepeda bersama di daerah tempat tinggal Mom, mengajak anak bermain di taman, atau rutin menjadwalkan acara renang keluarga di setiap akhir pekan. Kegiatan ini akan “memaksa” anak untuk meninggalkan peralatan canggihnya dan jadi lebih aktif bergerak dan bermain.

 

2. Jadwalkan acara playdate bersama teman-temannya atau anak dari teman-teman Mom. Kadang, anak memilih untuk bermain gadget karena ia tidak punya teman bermain. Dengan menjadwalkan dan mengajak anak bermain bersama teman-teman sebayanya, anak akan menjadi lebih bersemangat untuk mencoba permainan lain yang akan membuatnya lebih banyak bergerak. Jangan segan untuk mengundang teman-temannya ke rumah atau sebaliknya.

 

3. Ikutkan anak ekskul olahraga di sekolahnya. Hal ini akan menjamin anak terus beraktivitas, dan di saat yang bersamaan akan membuatnya lebih banyak berinteraksi dengan teman-temannya. Olahraga juga akan mengajarkan anak bagaimana caranya menjadi seorang team player yang baik. 

 

4. Batasi penggunaan gadget anak. Jangan jadikan gadget sebagai pengganti kehadiran Mom dan Dad, atau sebagai “hadiah” agar anak mau duduk tenang. Batasilah penggunaan gadget tidak lebih dari 1-2 jam setiap hari, terutama pada hari sekolah. Dan usahakan tidak membawa gadget saat menghadiri acara keluarga. Biarkan anak bermain dan bergaul dengan kerabatnya yang lain. 

 

5. Jadilah teman bermain anak. Jangan ragu untuk mengajak anak melakukan permainan tradisional yang biasa Mom mainkan dulu. Kesempatan untuk bermain bersama akan membuatnya bersemangat dan dengan senang hati meninggalkan gadget kesayangannya.

 

Selamat bermain, Mom!

Sri Utami Saroh
orang tua harus meluangkan waktu untuk anak, paling tidak di sela-sela wekend bermain bersama anak-anak di luar
Sri Utami Saroh
terima kasih informasinya admin, sangat bermanfaat sekali
Explore More

Alternatif Kegiatan Bersama Anak-anak

Tips & Trick- 12 Mar 2012

Marah Bukanlah Membentak

Tips & Trick- 01 Jul 2014

Cegah Flu dan Batuk Pada Anak dengan 10...

Article- 05 Oct 2016