Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Bermain Peran Latih Si Kecil Berekspresi

Featured Story

Mengajari Anak Etiket Makan Sejak Dini

Anak kecil mana yang tidak suka bermain peran. Mereka bahkan bisa melakukannya selama berjam-jam dan seolah “menghilang” ke dalam dunia khayalannya itu. Walaupun bagi kita terlihat lucu dan kadang konyol, jangan meremehkan manfaat bermain peran bagi anak ya, Mom. Bahkan, jangan ragu untuk melibatkan diri  dan bermain peran bersamanya. 

 

Ada berbagai macam manfaat yang bisa anak dapatkan dari hobinya bermain peran, selain itu, ada juga peran-peran menyenangkan yang akan memaksimalkan manfaat permainan ini.

 

1. Bermain peran membuat anak menjadi lebih percaya diri

Saat berkesempatan memerankan tokoh idolanya seperti pahlawan super atau puteri raja, anak akan dapat merasakan serunya sensasi menjadi karakter-karater tersebut. Hal ini akan mendongkrak rasa percaya diri anak

 

2. Mengembangkan dan melatih kemampuan bahasa

Bermain peran akan mendesak anak untuk berbicara dan mengatakan berbagai macam hal di luar kosakata sehari-harinya sebagai anak kecil. Jika anak mengidolakan presiden atau menteri, Anda bisa memancing anak untuk berpidato, yang akan semakin mengembangkan kemampuan berbahasanya

 

3. Merangsang kreativitas dan kemampuan berpikir anak

Jika anak sedang berperan sebagai ksatria atau putri, anak akan berpikir untuk membuat kuda-kudaan dan kastil sebagai tempat tinggalnya. Otaknya akan terus berpikir untuk menciptakan berbagai macam benda yang sesuai dengan peran-perannya. 

 

4. Melatih empati dan kemampuan sosial anak

Hal ini bisa dilatih saat anak memerankan peran seperti polisi, pahlawan super, atau dokter dan perawat. Peran-peran ini akan mengajarkan anak bagaimana berempati terhadap orang lain; di saat yang bersamaan juga membantu anak belajar tentang mana yang benar dan yang salah

 

5. Dan yang paling penting, bermain peran akan mengajarkan anak untuk berani bermimpi dan memiliki pandangan positif dalam hidup. Imajinasi dan mimpinya yang masih belum terbatas akan semakin diperkuat dengan kebiasaan bermain peran ini.

 

Bantu anak mewujudkan cita-citanya dengan menjadi teman bermainnya yuk, Mom!

Sri Utami Saroh
sip, oke min, biasanya si kecil suka sekali kalo diajak bermain peran sebagai dokter. sebagai pasiennya adalah bonekanya :)
Sri Utami Saroh
terkadang mamanya pun dijadikan pasien.hehe. nice artikel
Explore More

Mom Sedang Flu? Ini Cara Tepat Agar...

Tips & Trick- 05 Oct 2016

Wisata Edukatif di Batu Secret Zoo

Article- 23 Dec 2013

Tips Bagi Anak Dalam Menjalin...

Tips & Trick- 10 Sep 2013