Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Permainan Balok Susun untuk Anak Usia 4 – 5 Tahun

Permainan balok kayu membuat anak asik dengan daya imajinasinya. Muali dari membangun bangunan tinggi seperti arsitek, membuat istana dan berandai-anadai tinggal di istana yang megah. Semua mungkin dengan bermodal imajinasi.

Featured Story

Lindungi Keselamatan Anak di Luar Rumah dengan Tips Jitu Ini

 

Permainan balok kayu pun bisa berkembang sesuai dengan umur anak. Pada usia prasekolah 2-3 tahun, balok susun sebatas membangun jembatan dan ruang bangun yang sederhana lalu mereka jatuhkan. Bentuk baloknya pun sebatas bentuk bangunan dasar seperti segitiga, kubus, kotak. Agar memudahkan anak untuk bermain, sebaiknya Mom menyimpan balok ini dalam wadah terbuka yang terbuat dari plastik dan mudah dia jangkau agar setiap saat dia membutuhkanya.

 

Lalu dengan bertambah usia, hasil bangunannya menjadi lebih detil dan berkembang menjadi sebuah kota atau pedesaan yang dilengkapi dengan binatang , mobil dan pohon. Lalu anak usia 4 tahun pun mulai senang mengajak temannya untuk bermain bersama, sehingga imajinasi mereka pun semakin berkembang. Di usia 4 tahun, anak mulai mencari bentuk balok yang lebih detil seperti lengkungan untuk membangun jembatan, silinder untuk membangun bentuk menara dan balok empat persegi panjang yang banyak sekali untuk merangsang bentuk bangunan yang lebih mewah. Agar mainan balok ini tidak tercecer kemana-mana dan tetap terlihat rapih, sebaiknya Mom siapkan wadah tertutup dari bahan plastik serta area bermain yang cukup besar agar anak bisa berekspresi dengan baik.

 

Satu set mainan balok bangunan kayu tergolong mainan edukatif yang bisa membuat anak betah berlama selama berjam-jam dan bisa digunakan secara jangka lama.

Stefani Arman
Yupsss dari balok2 itu anak2 pasti bisa membuat prakarya sesuai imajinasinya :)
Vonny Kurniati
Benar2 permainan yg bisa mengasah kreatifitas ya^^
Explore More

Yuk Mari Membuat Skala Prioritas

Tips & Trick- 12 Mar 2012

Bermain Sambil Belajar Yang Berkualitas...

Article- 13 Apr 2015

Mengajarkan Hak dan Kewajiban Pada Anak

Article- 25 Nov 2014