Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Ayo Melatih Anak Bertanggung Jawab!

Sikap tanggung jawab sangat penting untuk diajarkan kepada anak. Karena, sikap itu kelak akan mempengaruhi kualitas kepribadiannya dalam menjalani kehidupan bermasyarakat. Dengan memahami tanggung jawab, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri, dapat dipercaya, diandalkan, dan tak menyusahkan orang lain.

Featured Story

Membuat Kakak-Adik Tidak Suka Bertengkar Lagi

 

Yuk, latih anak Mom agar memahami arti tanggung jawab sejak usia dini. Tak perlu bingung, karena Mom bisa segera mengikuti tips sederhana berikut.

 

  1. Ajak ia mengenal seluk beluk keluarga
    Misalnya, aturan dan tradisi. Dengan mengenal keluarganya dengan baik, akan terbentuk rasa memiliki yang kuat sehingga ia merasa ikut bertanggung jawab pada keluarga.

  2. Memberi contoh yang baik
    Tanggung jawab sebagai orangtua adalah memberikan contoh yang baik di mata sang anak. Maka, sebaiknya Mom selalu menepati janji yang telah diucapkan kepadanya. Penting juga agar Mom tidak asal memberikan janji hanya untuk membuat anak tidak rewel atau nakal.

  3. Dukung melalui beberapa situasi sederhana
    Contohkan dengan berbagai situasi seperti membereskan mainan usai bermain, meletakkan gelas atau piring kotor usai digunakan, menjaga kesehatan gigi, belajar dengan giat agar semakin cerdas dan memiliki keterampilan, dan berbagai situasi lainnya.

  4. Beri beberapa tanggung jawab
    Misalnya, berikan uang saku tambahan agar ia mulai belajar mengelola uang sendiri. Bisa juga bangun pagi lalu mandi sendiri dan makan tanpa disuapi. Atur jadwal kapan anak harus menyelesaikan tugas sekolahnya. Jika ia gagal dalam beberapa tanggung jawab yang diberikan, jangan luluh dengan berbagai alasannya. Akan lebih baik bila Mom mendorongnya untuk mencari solusi. Perlahan ia akan terbiasa menemukan solusi secara mandiri.

  5. Dorong anak untuk selalu berkata jujur
    Kejujuran merupakan bagian dari tanggung jawab. Jelaskan bahwa jika ia berkata jujur, Mom jadi mengetahui kesalahannya, lalu dapat membantunya meringankan permasalahannya. Beritahukan kepadanya bahwa kejujuran merupakan hal yang sangat penting untuk dirinya serta kehidupan orang lain.

  6. Sampaikan topik ‘tabu’ lebih awal
    Pembahasan tentang seks, narkoba, kejahatan, dan hal lain yang dianggap tabu perlu dijelaskan lebih awal. Jelaskan dengan cara dan dalam situasi yang menyenangkan agar anak tidak merasa diceramahi. Penyampaian awal secara tepat juga dapat mencegah anak Mom mencari info yang salah dari luar rumah.
Fitriamarieindarto Goodmorning
Setuju nih dg tanggung jawab akan menumbuhkan sikap mandiri
Lily Aguslianawaty
Ajarkan yuk sejak dini
Explore More

Tips Agar Anak Berkebutuhan Khusus Jadi...

Article- 10 Nov 2017

Memperkenalkan Anak Pada Lingkungan...

Article- 10 Jun 2016

Ibu Hemat, Ibu Kreatif

Article- 12 Mar 2012