Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Menangani Radang Tenggorokan pada Anak

Anak tiba-tiba mengeluh tenggorokannya sakit dan susah menelan makanan? Bisa jadi ia tengah mengalami radang tenggorokan. Apa saja penyebabnya dan bagaimana Mom dapat merawatnya di rumah? Radang tenggorokan merupakan sebuah infeksi yang acap kali diderita oleh anak-anak. Radang ini disebabkan oleh bakteri radang streptokokus dan virus yang menyerang saluran pernafasan atas. Penularannya bermacam-macam, misalnya melalui kontak dengan penderita radang tenggorokan, lewat air ilur, makanan, atau tangan yang tidak bersih. Dalam kasus-kasus lain, radang tenggorokan juga bisa saja disebabkan oleh alergi.

Featured Story

Yuk, Latih Anak Memahami P3K Dasar Sejak Dini

 

Bagaimana gejalanya? Radang tenggorokan biasanya ditandai dengan keluhan rasa sakit dan gatal di tenggorokan hingga anak susah menelan makanan. Selain itu, biasanya terdapat kenaikan temperatur tubuh atau demam ringan, pembengkakan kelenjar pada leher, amandel terlihat memerah, serta gejala lain seperti suara serak, batuk, sariawan, sakit kepala, serta hidung beringus.

 

Jika anak menderita radang tenggorokan, Mom bisa merawatnya di rumah dengan beberapa langkah sederhana berikut ini:

 

  • Beri minum air hangat lebih banyak agar tenggorokannya lebih nyaman.

  • Jika sudah pintar berkumur, ajak dia berkumur menggunakan segelas air hangat yang dicampur dengan setengah sendok teh garam.

  • Hindari memberinya minuman yang terlalu panas atau mengandung asam seperti jus jeruk karena dapat memperparah iritasinya. Namun, Mom bisa memberinya teh herbal seperti teh lemon hangat, atau yang dicampur madu.

  • Jika ia masih kesulitan menelan, beri ia makanan dalam porsi kecil namun sering. Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak, pedas, asam, gorengan dan cokelat.

  • Untuk anak yang sudah besar, Mom dapat memberinya permen pelega tenggorokan yang dapat dibeli di apotek terdekat. Jangan lupa untuk selalu membaca petunjuk dan dosis pemakaiannya, ya. Jika terjadi batuk akibat radang, Mom bisa memberinya sirup batuk dengan rasa buah-buahan yang disukai oleh anak, misalnya OBH Combi Anak, yang memiliki berbagai varian rasa buah seperti apel, jeruk, stroberi serta madu.

  • Radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus biasanya akan hilang dalam beberapa hari. Namun, segera bawa anak menemui dokter jika ia kemudian mengalami demam tinggi di atas 38⁰ C, sesak nafas, dan kesulitan menelan, serta jika radang tenggorokan dan suara seraknya tidak hilang dalam waktu 5 hari. Bisa jadi, anak menderita radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri, yang perlu dirawat dengan menggunakan antibiotik dari dokter.
Fitriamarieindarto Goodmorning
Bagus tipsnya
Vonny Kurniati
terima kasih tipsnya
Explore More

Ini Lho Nak, Makanan yang Sehat!

Article- 18 May 2015

Pola Asuh Bagi Anak Cerdas Istimewa

Article- 16 Mar 2015

Go Green Tips untuk Mom dan Anak Saat...

Article- 24 Jan 2017