Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Upaya Para Guru dan Sekolah Mengenalkan Empati Pada Anak

Melihat temannya jatuh, Mavi segera menghampiri dan membantu Oscar berdiri. Lalu dia berkata kepada Ibu Guru “Miss, Oscar jatuh.”

Featured Story

Apakah Si Kecil Sudah Termasuk Anak yang Prososial?

 

Ini hanya sepenggal cerita yang menggambarkan bahwa anak umur 4 tahun sudah mulai mengenal empati dan bisa diajarkan berempati. Sehingga banyak sekolah TK yang menyisipkan kurikulum empati pada kegiatan belajar mengajar.

 

Dimulai dari guru memberikan kesempatan pada anak untuk menunjukkan rasa peduli dengan meminta anak untuk mengumpulkan barang yang tidak terpakai dan masih layak pakai untuk diberikan kepada anak yang tidak mampu. Atau mengadakan pentas untuk penggalangan dana, dimana dana tersebut digunakan untuk membantu korban bencana alam. Menciptakan suasana yang kondusif di sekolah seperti menghargai, menyayangi, menerima ,menghibur serta tolong menolong akan mendorong anak untuk mencontoh hal tersebut dan menjadi bagian dari kepribadian dia.

 

Bermain peran juga menjadi salah satu cara untuk mendorong anak mempraktekkan profesi yang menuntut empati, seperti dokter dan perawat, berjualan sayur atau berkunjung ke tempat kerja profesi tersebut seperti rumah sakit dan pasar. Selain itu, anak pun diajak untuk membaca buku cerita yang bercerita tentang empati atau menonton film atau cuplikan berita tentang korban bencana alam. Setelah membaca buku atau menonton film, murid bisa diminta untuk menjawab pertanyaan seputar hal tersebut sehingga anak semakin mengerti konsep empati. 

 

- The great gift of human beings is that we have the power of empathy by Meryl Streep –

Yeni Setiyawati
Artikelnya sangat bermanfaat terimakasih
Aih Siskawati
setuju, =)
Explore More

Tips Mengembangkan Nalar Anak Sedari Dini

Tips & Trick- 21 Apr 2014

Ajarkan Aturan Berinternet pada Anak...

Article- 12 Dec 2017

Membuat Paper Phinwheel

Tips & Trick- 17 Dec 2013