Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Etika Kakak Kepada Adiknya dan Sebaliknya

“Amira… tolong bunda panggilkan kakak untuk makan yaa” Amira, 8 tahun segera menuju ke kamar kakaknya, Andi, 12 tahun. Di depan pintu kamar kakaknya, Amira mengetuk pintu sambil berkata “kak Andii.. Bunda panggil tuuh disuruh makan”. Dilain kesempatan, ketika ibu sedang pergi untuk suatu urusan, dan Andi membantu Amira mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah, Amira mengucapkan terimakasih kepada Andi setelah selesai mengerjakan PR-nya. 

Featured Story

Maksimalkan Waktu Bersama Anak

 

Alangkah senangnya orangtua jika anak-anaknya saling memiliki tenggang rasa dalam keluarga. Jarang terjadi pertengkaran yang bisa membuat orangtua seolah kehabisan kata-kata untuk menasehati. Tetapi amatlah manusiawi jika pada suatu saat antara kakak dan adik terjadi pertentangan.

 

Biasanya hal-hal kecil yang membuat kakak kesal terhadap adiknya adalah sikap adik yang terkadang sering semaunya sendiri, merasa karena anak yang lebih muda usianya dan kedua orangtuanya selalu membela anak yang lebih kecil. Sedangkan adik sering kesal kepada sikap kakaknya yang kurang memperhatikannya, dengan tidak mau bermain bersama adik. Jika kita sebagai orangtua bisa berlaku adil kepada kakak dan adik, biasanya pertengkaran antara kakak dan adik bisa dihindari. Kita bisa menasehati kakak untuk selalu menyayangi adik yang usianya lebih muda, misalnya menyayangi adik bisa dengan mengalah jika adik meminta barang yang kakak pegang. Sedangkan untuk adik kita bisa mengatakan untuk harus menghormati kakak atau orang yang lebih tua, misalnya dengan menuruti apa yang kakak katakan. Jika salah satu, kakak atau adik sakit, yang tidak sakit bisa membantu Ibu untuk merawat, misalnya dengan membawakan minum/makanan atau obat.

 

Selain orangtua, kakak merupakan contoh bagi adiknya, jadi tidak masalah jika orangtua lebih menekankan kepada anak yang lebih tua untuk bersikap dan berkata yang baik.

 

Selalu mengingatkan anak-anak untuk menggunakan ungkapan sopan seperti tolong, permisi, terimakasih, bolehkah kepada siapapun juga karena bersikap sopan adalah penting. Semoga anak-anak Mom bisa saling akur dan saling menyayangi.

Yeni Setiyawati
Setuju sekali
Yeni Setiyawati
Ajarkan sejak dini
Explore More

Lakukan Perubahan Dimulai Dari Diri...

Article- 10 Oct 2013

JIka Si Kecil di Sekolah Sudah...

- 07 Aug 2012

Pertengkaran Anak Terjadi Tiap Hari?...

Article- 15 Mar 2019