Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita
Tanya Dokter
Mom Indria
Usia 19 Bulan belum bisa berbicara Siang dok, anak saya usia 19 bl blm bisa bicara. Tetapi kalau disuruh, dia mengerti apa yang kita katakan. Bagaimana yaa dok?
Usia 19 Bulan belum bisa berbicara oleh Mom Indria Siang dok, anak saya usia 19 bl blm bisa bicara. Tetapi kalau disuruh, dia mengerti apa yang kita katakan. Bagaimana yaa dok?
Dokter Carlinda Nekawaty
Dokter Carlinda Nekawaty
Sebelumnya maaf untuk keterlambatan dalam menjawab pertanyaan bunda. Keterlambatan bicara pada anak bisa disebabkan berbagai faktor, yaitu karena adanya gangguan pendengaran, gangguan pada otak (misalnya retardasi mental), autism, adanya masalah keturunan/riwayat keluarga, minimnya komunikasi, faktor televisi dimana anak menjadi pasif dalam berinteraksi, dan adanya gangguan pada organ mulut sehingga anak sulit untuk melafalkan kata-kata. Tanda yang perlu diwaspadai adalah jika anak bunda telah mencapai usia 2,5 tahun (30 – 36 bulan), namun belum jelas berbicara, karena pada umumnya anak usia 30 bulan jika kata-kata yang dikeluarkan tidak dapat dipahami oleh anggota keluarga, dan pada usia 36 bulan anak tidak menggunakan kalimat sederhana dalam pertanyaan sehingga tidak dapat dipahami oleh orang lain selain anggota keluarga maka dapat dikatakan anak mengalami keterlambatan bicara. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka bunda sebaiknya melakukan beberapa hal berikut untuk mengoptimalkan perkembangan bicara dan bahasa anak bunda, yaitu: 1) Rajin berbicara dan berkomunikasi dengan anak, seperti mengatakan apa yang sedang terjadi, apa yang sedang bunda lakukan, dan sebutkan nama-nama benda yang ditemui. 2) Membacakan cerita, merupakan cara yang baik untuk menambahkan kosakata anak. 3) Jangan biarkan anak terlalu lama menonton tv, karena akan berdampak pada perkembangan anak, dimana anak merasa nyaman dengan tayangan gambar yang selalu bergerak, penuh warna sehingga anak kurang tertarik pada obyek-obyek yang statis/kurang warna/kurang menarik, akibatnya anak menjadi pasif ketika berinteraksi dengan lingkungannya. 4) Berikan waktu mengajak anak untuk berinteraksi dengan teman-teman sebayanya, dapat merangsang anak untuk belajar bicara. 5) Mengajarkan kata kepada anak dengan kata-kata yang jelas (intonasi, bentuk mulut/bibir saat mengucapkan). Jika bunda sudah melakukan hal tersebut diatas, namun semakin bertambah usia anak bunda dan bunda melihat adanya kemunduran kemampuan bicara pada anak bunda maka sangat disarankan bunda perlu mengkonsultasikannya ke dokter spesialis anak untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut dan mengetahui penyebab keterlambatan bicara anak bunda. Semoga penjelasan di atas membantu.
Login dulu ya mom di sini sebelum memberi komentar
Login/Register di sini
Komentar Terbaru
padaTrik Kompak Asuh Anak... oleh Mom Mamanya Chrisna
padaKiat Mudah Dorong Dad... oleh Mom Mamanya Chrisna
padaKiat Mudah Dorong Dad... oleh Mom Mamanya Chrisna
artikel & Tips
24 Apr 2013
 Ketika berada di kantor, pikiran dan tenaga fokus kepada pekerjaan kantor dan ketika di rumah sebaiknya hal ini di tinggalkan dan fokus kepada...
Selengkapnya
Lihat Semua Artikel & Tips