Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Yuk, Kita Merawat Kuku

Sering diremehkan, memiliki kuku yang rapi dan bersih merupakan bagian penting dari menjaga kebersihan diri. Kuku sering jadi tempat berkumpulnya kotoran serta bakteri, yang dapat memicu tumbuhnya jamur dan penyakit.

Featured Story

Berbagi Tugas Saat Anak Sakit

Mom punya tanggung jawab dalam mengajarkan anak bagaimana merawat kuku agar tetap sehat, dengan beberapa langkah mudah ini.

  1. Rutin Memotong Kuku

    Kuku yang tumbuh terlalu panjang tidak hanya menyimpan kotoran dan bakteri, tapi juga menyulitkan anak untuk melakukan kegiatannya sehari-hari. Kebayang kan betapa susahnya harus menulis, mengetik bahkan bermain dengan kuku yang dibiarkan panjang.

     

    Biasakan anak untuk menjaga kuku tetap pendek, dengan mengguntingnya. Hati-hati mengajarkan anak untuk memotong kuku agar tidak terlalu pendek dan jaga tepiannya tetap halus.

  2. Melarang Menggigiti Kuku

    Seringkali perasaan gugup, cemas dan takut ditanggapi berbeda oleh anak-anak, salah satunya adalah dengan menggigiti kuku. Tidak hanya membuat tampilan kuku kurang rapi, tapi juga membuat kotoran maupun bakteri di dalam kuku masuk ke dalam tubuh.

    Ingatkan anak agar berhenti melakukannya, agar tidak menjadi kebiasaan buruk yang dapat menyulitkannya saat harus bersosialisasi dengan orang lain. Beri saran untuk mencari cara mengurangi stres, misalnya dengan menghirup nafas dalam-dalam atau berolahraga.

  3. Mencuci Tangan

    Kebiasaan yang masih jarang dilakukan anak-anak ini justru jadi kunci pencegahan penyakit, terutama flu dan gangguan pencernaan. Bakteri dan kuman seringkali dipindahkan lewat sentuhan barang-barang yang sudah terkontaminasi dan dapat membuat anak jatuh sakit.

    Yuk Mom, biasakan seluruh anggota keluarga untuk mencuci tangan, terutama sebelum makan dan setelah keluar dari kamar mandi.

    Agar rutinitas mencuci tangan terasa lebih menyenangkan, gunakan sabun yang beraroma wangi atau berwarna-warni. Nyanyikan juga lagu saat sedang membasuh tangan sambil membersihkan kuku agar terbbeas dari kotoran.

  4. Mengoleskan Pelembap

    Kuku yang rentan rapuh dapat menghambat aktifitas anak. Selain dipengaruhi oleh kecukupan nutrisi dalam tubuh, seperti kalsium, penggunaan pelembap juga dapat dimanfaatkan untuk menguatkan dan melembapkan kuku. Pilih produk yang dikhususkan untuk anak-anak, agar terhindar dari risiko iritasi dan alergi.

    Membiasakan hidup bersih dan sehat dapat dilakukan dengan hal yang sederhana, seperti menjaga kebersihan kuku dan tangan. Yuk, biasakan mulai dari sekarang!

Fitriamarieindarto Goodmorning
Iya nih harus rajin memotong kuku dan menjaga kebersihannya
Yuliana Yoeli
makasih info nya
Explore More

Kompaknya Keluargaku!

Article- 14 Jul 2015

Tetap Disiplin Di Waktu Libur

Article- 08 Jun 2015

Wisata Edukatif di Batu Secret Zoo

Article- 23 Dec 2013