Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Bantu Anak Siap Hadapi Ujian Sekolah

Pernahkah anak Mom mengalami stres, cemas atau takut terutama ketika akan menghadapi ujian sekolah? Misalnya anak sakit ketika akan menghadapi ujian semester atau akhir tahun pelajaran, mengeluh dengan berbagai alasan agar tidak masuk sekolah.

Featured Story

Agar Anak Lebih Terbuka pada Orangtua

Nah, Mom dapat menerapkan beberapa tips berikut ini agar anak terhindar dari stres dalam menghadapi ujian sekolah sehingga ia bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

 

1. Rencanakan waktu belajar

Mom perlu membuat rencana waktu belajar anak ketika akan menghadapi ujian sekolah. Persiapan matang dari jauh hari menjelang tiba waktu ujian akan lebih efektif daripada menyuruh anak belajar sehari sebelumnya atau yang sering dikenal dengan SKS (Sistem Kebut Semalam). Fokus lebih dahulu pada mata pelajaran yang dikurang oleh anak. Susunlah rencana yang realistis termasuk memperhitungkan waktu istirahatnya.

 

2. Mengulang soal-soal ujian yang lalu

Mom dapat memberikan latihan menggunakan soal-soal ujian atau ulangan harian yang sudah pernah diikuti sang anak. Jadi anak lebih terbiasa dalam menghadapi format atau bentuk pertanyaan yang mirip dengan ujian sekolah. Begitu juga dengan soal latihan atau PR yang pernah diberikan oleh guru. Jika guru memberi kisi-kisi atau soal latihan ujian, idealnya sang anak sudah bisa menguasai. Seandainya masih ada soal yang belum mampu dijawab, minta ia untuk membuka kembali catatannya.

 

3. Utamakan pemahaman anak

Pastikan anak mengerti akan konsep dalam pelajaran, terutama matematika dan IPA. Jadi anak tidak hanya sekadar menghafal rumus atau teori karena anak akan cenderung cepat lupa. Dengan memahami konsep yang diajarkan, akan sangat membantu anak ketika menghadapi soal-soal pada saat ujian sekolah.

 

4. Belajar secara efektif

Bahan ujian sekolah biasanya mencakup semua materi yang diajarkan di semester yang tengah berlangsung atau selama menempuh pendidikan. Akan memakan waktu lama dan kurang efektif bila anak membaca semua bahan pelajaran dari buku cetak. Anak dapat menggunakan highlighter atau menggaris bawahi poin penting setiap kali membaca. Atau anak dapat membuat catatan sendiri berisi poin utama dalam pelajaran tersebut. Jangan lupa Mom, sesuaikan dengan gaya belajar anak dalam mempersiapkan ujian sekolah, ya!

 

5. Makan pagi

Makan pagi sangat penting bagi anak terutama saat akan menghadapi ujian sekolah. Anak perlu energi untuk berpikir dan mengerjakan ujian dari makanan yang padat gizi. Sajikan hanya makanan yang sehat, serta kurangi junk food dan makanan atau minuman yang manis.

 

6. Relaks

Pastikan anak mendapatkan istirahat atau tidur yang cukup. Ajak anak untuk lebih relaks terutama bila akan berangkat ke sekolah demi menghadapi ujian. Mom harus memberikan semangat bahwa ia pasti bisa melakukan yang terbaik karena sudah mempersiapkan secara optimal. Hal ini akan membantu anak lebih percaya diri lho, Mom!

Winda Ruwinda Ningsih
Kadang anaknya yg susah sekali diajak belajar...Bundanya sdh semangat
Yuliana Yoeli
selalu menemani anak belajar
Explore More

Mengajak Anak Wisata Kuliner

Article- 08 Jun 2015

Trik Kompak Asuh Anak Bareng Dad

Article- 14 Dec 2017

Obat Bebas Cukup Aman Diberikan pada Anak...

Article- 28 Nov 2017